Apa Manfaat Urine Kelinci untuk Pertanian Khususnya Tanaman dan Tumbuh Tumbuhan
Nah, pada kesempatan kali ini Petani Online akan menginformasikan tentang Manfaat Urine atau air kencing kelinci untuk tanaman dan tumbuh tumbuhan. dalam dunia pertanian yang namanya pupuk ini penting bagi pertumbuhan tanaman sehingga tidak lepas dari pembahasan. oleh karena itu maka perlu tahu juga jenis jenis pupuk buat pertumbuhan tanaman.Tentunya kita tahu khususnya bagi para […]
Nah, pada kesempatan kali ini Petani Online akan menginformasikan tentang Manfaat Urine atau air kencing kelinci untuk tanaman dan tumbuh tumbuhan. dalam dunia pertanian yang namanya pupuk ini penting bagi pertumbuhan tanaman sehingga tidak lepas dari pembahasan. oleh karena itu maka perlu tahu juga jenis jenis pupuk buat pertumbuhan tanaman.

POC urine Kelinci


Tentunya kita tahu khususnya bagi para petani bahwa secara umum bahwa pupuk itu terbagi menjadi 2 yaitu pupuk sisntetis atau pupuk buatan pabrik di sebut juga pupuk kimia dan ada pupuk yang tersedia secara alami atau di sebut juga dengan pupuk organik.

Pada pembahasan kali ini adalah mengenai pupuk alami yang tersedia secara melimpah di sekitar tempat tinggal kita. 

Nah, makanya kenapa dunia peranian erat sekali kaitannya dengan dunia peternakan ?, karena dunia pertaniandan peternakan ini hampir setiap hari bersinggungan secara langsung. seperti misalnya para petani tanam tanaman sayuran, buah buahan juga sekaligus beternak seperti kambing domba dan sapi. 

Baik kita langsung saja ya apa sih manfaat dari kotoran kelinci khususnya air kencing kelinci bagi tanaman dan atau tumbuhan yang kita pelihara ?

Urine kelinci ini mempunyai manfaat dan kandungan melebihi urine hewan ternak besar lainnya seperti kuda, sapi, kerbau, domba, kambing dan babi. kandungan Nitrogen yang terdapat urine kelinci ini dapat membantu mensuplay kebutuhan pupuk N yang dibutuhkan oleh tanaman.

Manfa'at dan Khasi'at urine kelinci

Urine atau air kencing kelinci dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik yang kaya akan unsur hara terutama unsur hara N atau sering kita kenal dengan Urea, urine kelinci ini dapat diaplikasi ketanaman bisa secara langsung ataupun melalui proses fermentasi. manfaat yang dihasilkan dari urine kelnici ini dapat membantu pertumbuhan tanaman pada masa vegetatif yang untuk pembentukan akar, daun, batang dan anakan jika diaplikasikan ke tanaman padi, selain daripada itu manfaat urine kelinci juga dapat membantu membentuk zat hijau pada daun yang berfungsi untuk proses fotosintesis. 

Kandungan urine kelinci

Urine kelinci mempunyai kandungan unsur hara yang cukup tinggi jika dibandingkan hewan ternak lainnya, menurut hasil riset penelitian Badan Penelitian Ternak (Balitnak) telah diketahui bahwa kandungan rata-rata yang terdapat didalam urine kelinci seperti unsur hara N, P dan K yaitu untuk Nitrogen (N) 2,72%, Fosfor (P) 1.1%, dan kandungan Kalium (K) 0,5%. dari data tersebut jika dibandingkan dengan urine ternak lainnya masih tinggi kandungan urine kelinci, namun jika dikombinasikan dengan kotorannya, persentase unsur hara yang terdapat didalam urine kelinci ini bisa lebih meningkat menjadi 2,20% untuk Nitrogen, 87% untuk Fosfor , 2,30% untuk Potassium, 36% untuk Sulfur, 1,26% untuk Kalsium dan 40% untuk Magnesium. Bisa dibayangkan betapa banyaknya kandungan yang sangat bermanfaat dari urine kelinci ini.

Berikut ini penjelasan akan kandungan urine kelinci secara lebih lengkap :


Kelinci dapat menghasilkan urine sebanyak 2 liter perhari dari jumlah 10 ekor kelinci, apabila bisa memanfaatkannya dengan baik dan benar tentu ini akan menjadi pilihan terbaik bagi para petani, hal ini dikarenakan pengolahan urine kelici yang cukup mudah dan sangat efisien tentunya. Namun banyak petani yang belum mengetahui hal ini dan banyak juga peternak kelinci yg membuang urine kelinci karena mereka belum tahu kandungan dan manfaatnya bagi tumbuhan apabila di olah. Hal ini tentunya sangat merugikan, karena pupuk dari urin kelinci adalah salah satu cara efektif dan efisien bagi petani untuk mendapatkan hasil (panen) yang cukup menjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *