Pandua Dasar Membuat Website Menggunakan WordPress
Baiklah kali ini kita akan belajar tentang dasar dasar membuat website dengan menggunakan Wordpres. apa saja dan bagaimana cara memulainya, mari kita kupas satu persatu pada kesempatan kali ini.Pertama adalah pengaturan umum pada wordpresSaya anggap Anda telah memiliki domain dan hosting dan telah menginstal wordpres tersebut, dan step ini langsung ke tahapan memulai mendesain sebuah […]
Baiklah kali ini kita akan belajar tentang dasar dasar membuat website dengan menggunakan Wordpres. apa saja dan bagaimana cara memulainya, mari kita kupas satu persatu pada kesempatan kali ini.

Pertama adalah pengaturan umum pada wordpres

Saya anggap Anda telah memiliki domain dan hosting dan telah menginstal wordpres tersebut, dan step ini langsung ke tahapan memulai mendesain sebuah websiste dengan  wordpres. seperti biasa ketika kita mau memulai Anda harus login terlebih dahulau dengan menggunakan username dan password.


Setelah Anda login dan berhasil masuk di halaman dasboard wordpres maka langkah pertama adalah melakukan pengaturan Umum di blog WordPress. ber- ikut langkah-langkah melakukan pengaturan Umum di blog WordPress :

1. Silahkan Anda pilih menu Setting /Pengaturan > Umum, lihat gambara berikut :


belajar web design dengan wordpress


2. Selanjutnya muncul form yang perlu Anda isi. Bagian-bagian yang perlu diisi antara lain sebagai berikut:

  • Judul situs: silakan isi dengan nama Anda.
  • Tagline: silakan isi dengan slogan atau tagline dari blog anda. 
  • Zona Waktu: silakan tentukan zona waktu yang dipakai di blog Anda. Ambil contoh, di sini saya pakai zona waktu Indonesia barat (Jakarta). . 
  • Format tanggal: silakan tentukan format tanggal yang digunakan di blog anda. 
  • Format Waktu: silakan tentukan format waktu yang dipakai di blog anda. 
  • Situs langueage: silakan tentukan bahasa yang digunakan di dasbor website anda. Jika Anda ingin menggunakan bahasa indonesia, maka silakan pilih opsi bahasa Indonessia. 
  • Tombol simpan untuk menyimpan perubahan yang ingin anda lakukan.

Kedua Pengaturan Permalink di WordPress

Setelah berhasil melakukan pengaturan umum, selanjutn melakukan pengaturan permalink di blog WordPress. Untuk pengaturan permalink, silakan anda ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Dari dasbor blog Anda, silakan anda klik menu setting> permalinks  
Tentukan jenis permalink yang akan dipakai di blog anda. Saran saya, gunakan permalink yang mengandung elemen sample post. Memasukkan elemen sampel post di permalink bertujuan untuk membuat blog Anda menjadi ramah terhadap mesin pencari (seperti Google). Di sini, saya memilih jenis permalink post name/simple post/contoh tulisan/postname.setelah dipilih kemudian klik simpan/save.
 

Ketiga mengatur Thema Web / Blog WordPress

Tema atau template merupakan tampilan yang nantinya akan dipakai di blog Anda. Tampilan template ini nantinya akan mempengaruhi tampilan blog Andari. Tema/template WordPress itu ada yang gratis dan ada yang berbayar. Anda dapat menggunakan mesin pencari Google untuk mencari situs-situs penyedia template WordPress gratis. Anda dapat menelusuri template-template gratis untuk WordPress D alamat https://wordpress.org/themes /.
Ada dua cara menambahkan tema baru di blog WordPress
  • Cara pertama adalah dengan mencari dan menggunakan template yang memang sudah disediakan oleh wordpress.org
  • Cara kedua adalah dengan mencari lalu mendownload template tersebut dari mesin pencari selanjutnya kita download kemudian kita unggah ke  wordpress tersebut lalu Anda install.

 untuk menganti tema dengan cara pertama maka Anda tinggal pilih template yang sudah ada kemudian klik aktifkan sedangkan untuk menmabha tema dari hasil Anda download maka klik tambah tema atai add new lalu pilih tema yang sudah Anda download tersebut terus lalu kilk unggah, setelah berhasil Anda unggah klik aktifkan.

Sampai pada tahap ini blog atau web Anda sudah tampil dengan baik selanjutnya Anda tinggal isi konten tersebut dengan melakukan postingan atau menambhkan menu-menu yang Anda inignkan.
Selanjutnya kita akan bahas tentang cara membuat tampilan wordpress seperti web yang menarik sesuai yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *