Cara membuat tampilan WordPress seperti WEB
Cara membuat tampilan wordpress seperti web. namun sebelum membahas ke topik tersebut sebaiknya Anda perlu merancang terlebih dahulu bahwa blog wordpres Anda ingin membuat konten seperti apa?, hal ini penting sekali karena selain akan mempermudah pekerjaan dalam mendesain tampilan juga akan lebih terarah.Sebagaimana telah di bahas pada postingan sebelumnya tentang panduan dasar membuat web dengan […]
Cara membuat tampilan wordpress seperti web. namun sebelum membahas ke topik tersebut sebaiknya Anda perlu merancang terlebih dahulu bahwa blog wordpres Anda ingin membuat konten seperti apa?, hal ini penting sekali karena selain akan mempermudah pekerjaan dalam mendesain tampilan juga akan lebih terarah.

Sebagaimana telah di bahas pada postingan sebelumnya tentang panduan dasar membuat web dengan wordpres maka ada tema atau template yang akan membuat tampilan blog wordpres Anda semakin indah layaknya sebuah web yang profesional, dan dengan tema-tema tersebut juga menyeseuiakn dengan konten dari web yang akan kita bangun seperti misalnya untuk membuat web toko online, web portal, web berita, web jasa, web perusahaan, web konsulan, web properti dan lain sebagainya.

Pertama adalah merancang konten sebuah WEB

Dalam merencanakan konten sebuah blog atau website, kita memerlukan perencanaan secara garis besarnya saja. Sebaik-baiknya sebuah rencana adalah mewujudkannya, perencanaan konten yang saya maksud di sini adalah pikirkanlah apa saja yang nantinya akan Anda hadirkan dalam sebuah blog. Memiliki gambaran tentang konten apa saja yang nantinya akan dipublikasikan di blog. misalnya, Anda berencana memasarkan produk-produk tertentu, maka tentu konten-konten yang nanti buat di blog berupa tulisan seputar produk-produk tersebut. 

Nah, kalau kita bicara topik tentang dunia website. maka dunia website merupaka dunia yang amat luas. Anda perlu menentukan topik website secara umum atau website yang spesifik. Misalkan nantinya Anda hanya fokus membahas topik pertanian maka konten-konten yang Anda buat pun harus selalu seputar pertanian. Usahakan topik tersebut tidak jauh bahasannya dari topik tersebut dan sebuah blog yang fokus pada satu topik dikenal dengan sebutan blog niche.

Blog atau website niche jauh lebih ampuh bila dipakai untuk memasarkan sebuah produk tertentu ketimbang dengan sebuah blog yang isinya "gado-gado" atau blog yang topik kontennya beraneka ragam. Beraneka ragam maksudnya adalah topik blog yang terdiri dari banyal topik yang tidak saling berhubungan Contoh, blog yang membahas topık kesehatan, tetapi di lain waktu blog ini juga membahas seputar dunia musik dan perfileman.

Website atau Blog gado gado sulit untuk dioptimalkan dalam memasarkan produk karena blog tersebut membahas terlalu banyak topik. sehingga Pembaca akan bingung sebenarnya blog yang mereka baca ini membahas tentang apa sah. ibaratnya, blog tersebut tidak memiliki identitasnya. Bayangkan kalau Starbucks yang dikenal sebagai penjual kopi juga buka bisnisnya di bidang penjualan ayam cepat saji, jual burger, jual donat, jual tiket pesawat dan buka toko ritel, alat musik transportasi, maka brand Starbucks sebagai tempat minum kopi yang nyaman justru akan bias dan membingungkan.

Kedua Buat Halaman-Halaman Penting di WordPress

dalam menambahkan halaman yang penting adalah halaman profile dan kontak, nah pada kesempatan ini kita akan bahas tentang bagaimana cara membuat halaman profile dan kontak. silahkan ikuti langkahnya sebagai berikut :

Cara membuat tampilan WordPress seperti WEB
  • Pada menu samping pilih Page/laman>Add new/tambah baru, kemudian silahkan kasih judulnya dan isikan keterangan di bawahnya sertakan juga foto atau gambar-gambar yang diperlukan.
  • Setelah selesai silahkan Anda publish.
 Nah untuk membuat halaman kontak sebaiknya Anda tambahkan Plugin tambahan agar nantinya orang yang ingin menghubungi Anda bisa langsung terkirim ke email Anda, salahsatu plugin yang populer untuk menambahkan halaman kontak adalah Contac Form 7. namun jika Anda tidak memerlukannya maka cukup memberikan keterangan di halaman kontak tersebut dengan memberikan keterangan kontak telpon, WA, pin BB, halaman Fb, IG , Email dan seterusnya.

Selain menambahkan halaman-halaman tersebut Anda juga bisa menambhakan halaman-halaman sesuai dengan kebutuhan web yang hendak Anda bangun sebagaimana dijelaskan di atas. Anda bisa menambahkan produk, bisa menambhakan daftar harga dan lain-lain.

Ketiga membuat Postingan

Dalam membuat postingan tentunya harus disesuaikan dengan dengan konten yang hendak kita bangun sebagaimana di jelaskan sebelumnya bahwa website yang kita bangun harus memiliki topik tertentu. silahakan Anda sesuaikan sendiri.  berikut ini langkah langkah demi langkah dalam membuat postingan di dalam wordpres :


Namun yang perlu Anda ingat Adalah bahwa agar postingan atau website kita mudah ditemukan oleh mesin pencari adalah pastikan bahwa postingan atau tulisan kita mengandung kata kunci yang berkaitan dengan topik website kita. untuk penjelasan bagaimana  mencari kata kunci Anda bisa lihat dan baca pada tulisan-tulisan saya sebelumnya :

Cara agar artikel muncul di google
Cara membuat artikel yang profitable
Cara mencari kata kunci untuk menulis di blog

Kempat Menampilkan Menu di WordPress

Dalam sebuah blog atau website seringkali kita jumpai menu atau pilihan pilihan pada bagian atas, hal ini bertujuan untuk memudahkan pembaca website kita untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan konten website tersebut. nah di wordpres menu-menu tersebut dapat ditampilkan dengan menambahkan menu yang didalamnya bisa Anda tampilkan halaman atau pos pos yang Anda buat. beirikut ini cara membuatnya :

Pada menu tampilan lalu klik menu di situ Anda bisa menampilkan halaman-halaman yang telah kita buat atau juga pos-pos yang telah kita publis sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *