Tips Cara Membuat Cuplikan Video Channel Youtube yang Efektif
Sumber image :klikmania.netSebelum memulai membuat cuplikan video pada saluran Anda. Pikirkan tentang siapa pemirsa Anda, tulis  naskah,  dan  rencanakan  kegiatan  kreatif  Anda.  Berikut  adalah  beberapa  kiat  untuk setiap tahapan dalam membuat cuplikan video pada channel Anda.Tanyakan pada diri Anda sebelum memulai membuat cuplikan / trailer saluran, jawab bertanyaan berikut :Apa  yang  perlu  diketahui  pemirsa  tentang  saluran […]
Cara membuat channel youtube terkenal dengan video trailer
Sumber image :klikmania.net
Sebelum memulai membuat cuplikan video pada saluran Anda. Pikirkan tentang siapa pemirsa Anda, tulis  naskah,  dan  rencanakan  kegiatan  kreatif  Anda.  Berikut  adalah  beberapa  kiat  untuk setiap tahapan dalam membuat cuplikan video pada channel Anda.

Tanyakan pada diri Anda sebelum memulai membuat cuplikan / trailer saluran, jawab bertanyaan berikut :

  1. Apa  yang  perlu  diketahui  pemirsa  tentang  saluran  saya,  terutama  dalam  beberapa  detik pertama?
  2. Apa yang saya ingin pemirsa rasakan setelah mereka menonton cuplikan saluran saya?
  3. Harus  seperti  apa  musiknya?  
  4. Saya  ingin  mereka  mendengar  apa? 
  5. Apakah  sebaiknya  penuh canda, serius, komedi, gelap, ataukah informatif? 
  6. Bagaimana skema warna dan hurufnya?

Kesan pertama itu penting. Anda dapat merebut hati pemirsa yang belum berlangganan dengan menampilkan cuplikan yang menawan.

Hal  pertama  yang  dilihat  pemirsa yang belum berlangganan saat berkunjung ke saluran Anda adalah cuplikan saluran dan deskripsi saluran. Jadi, gunakan kedua elemen ini untuk memukau pemirsa dan mengubah mereka menjadi pelanggan. 

Ingat, pelanggan cenderung untuk menonton lebih banyak (yang meningkatkan waktu tonton),  jadi sebaiknya  buat  kesan  pertama  yang  mengagumkan  ketika  pemirsa  menemukan saluran Anda untuk pertama kalinya.

Cuplikan  saluran  adalah  ibarat  cuplikan  film. Gunakan  cuplikan  ini  sebagai  cara  menawarkan pratinjau dari penawaran saluran Anda sehingga pemirsa ingin berlangganan. 

Apa saja yang harus ada di dalamnya? 

Pikirkan tentang kualitas unik dari saluran Anda, kepribadian Anda, dan alasan pemirsa  harus merasa  terdorong  untuk  datang  lagi.  

Ada  banyak  cara  untuk  membuat cuplikan channel / saluran youtube, tetapi pertimbangkan untuk memulai dengan sesuatu yang akan memukau pemirsa dalam beberapa detik pertama. Soroti bagian terbaik dari saluran Anda dan sampaikan pesan-pesan kunci Anda. Anda tentu ingin memberikan kesan abadi kepada pemirsa, jadi akhiri dengan secara jelas meminta pemirsa untuk berlangganan.

#Langkah Pertama adalah Buatlah naskah untuk cuplikan video Anda

Membuat  naskah  sebelum  memulai  membuat cuplikan video adalah  langkah  yang  sangat penting untuk  meraih  sukses. Struktur  naskah  yang  memiliki  pesan  yang  jelas  dan  menawan  dari  awal sampai  akhir  dapat membantu cuplikan  Anda  mendapatkan  pelanggan.  Naskah  Anda  mengacu pada  kata-kata  dan gambar   yang   benar-benar   muncul   di   layar,   serta   suara   dan   musik   yang   didengar   pemirsa.

Semuanya harus jelas mengomunikasikan pesan saluran Anda dan sesuai dengan "tampilan dan nuansanya"  (yaitu  pencitraan  merek  Anda).  Naskah  juga  harus  memberi  tahu  pemirsa  apa yang harus dilakukan selanjutnya. Jadi, akhiri dengan nama saluran Anda dan beri tahu mereka untuk menonton video lainnya di saluran Anda.

cara membuat akun youtube yang menghasilkan uang
sumber image : maxmanroe.com
  • Anggaplah pemirsa belum pernah mendengar tentang Anda. Perkenalkan mereka pada konten Anda dan beri tahu alasan mereka harus berlangganan.
  • Jangan bertele-tele. Anda harus mampu menyampaikan keunggulan saluran kepada pemirsa baru, dengan cepat. Pesan ini harus memberi tahu pemirsa tentang siapa Anda, seperti apa konten Anda, dan kapan upload baru akan muncul.
  • Ajak pemirsa untuk berlangganan dalam video Anda dan dengan anotasi.Cuplikan Anda juga akan memiliki kartu akhir secara otomatis ketika video selesai, yang memberikan cara mudah bagi pemirsa untuk berlangganan.


# Langkah Kedua buat video cuplikan dengan tampilan dan musik yang memukau pengunjung

Tampilan video adalah  representasi  visual  dari  naskah.  Buat  latar  belakang  yang  sederhana, namun konsisten  untuk  semua  tayangan.  Gunakan  jenis  huruf  serta  gaya  saluran  untuk membuat  tampilan berdasarkan naskah. Kuncinya adalah enak dibaca.

Sertakan musik yang sesuai, Anda dapat mepengaruhi emosi pemirsa. Musik menjaga pemirsa tetap terlibat dan menetapkan nuansa serta energi. Jadi, pilih musik yang sesuai dengan naskah, tampilan, dan  saluran  Anda.  

Cuplikan saluran yang sukses tidak perlu menggunakan beberapa klip. Anda dapat menggunakan hanya satu atau dua klip yang bagus atau bahkan adegan asli. Jika Anda menggunakan beberapa klip, tunjukkan keragaman materi yang disajikan di saluran Anda.

Lihat juga artikel sebelumnya :
Membangun Brand / Merek Channel /Saluran youtube Anda


# Langkah Ketiga Tuliskan deskripsi saluran yang informatif pada cuplikan video saluran Anda

Deskripsi video saluran adalah teks yang menyampaikan informasi penting tentang saluran Anda. Mesin telusur menggunakan kata-kata dari deskripsi tersebut sehingga orang dapat menemukan Channel atau saluran Anda.

Deskripsi saluran adalah teks yang menyampaikan informasi penting tentang saluran Anda. Mesin telusur  menggunakan  kata-kata  dari  deskripsi  tersebut  sehingga  orang  dapat  menemukan  Anda.
Ketika pemirsa yang belum berlangganan datang ke saluran Anda, mereka akan melihat cuplikan saluran dan deskripsi saluran di sebelah kanan. Ketika membacanya, mereka akan mendapatkan cukup gambaran tentang isi saluran Anda dan tahu ke mana harus mencari informasi lebih lanjut.

Berikut ini tips singkat dalam membuat deskripsi pada cuplikan Video channel Anda :
  1. Cantumkan informasi yang paling penting pada awal deskripsi Anda, seperti slogan.
  2. Gunakan frasa unik yang menjadikan deskripsi Anda menonjol.
  3. Gunakan  kata  kunci  tindakan  untuk  mendorong  pemirsa  berlangganan  atau  menonton daftar putar.
  4. Sertakan tautan ke saluran sosial atau situs web Anda.
  5. Gunakan tautan penyingkat URL agar URL terlihat singkat dan manis seperti goo.gl atau bit.ly.
  6. Alat ini juga dapat membantu Anda melacak berapa kali orang mengeklik tautan tersebut.
  7. Periksa tampilan deskripsi Anda pada perangkat seluler dan area lain di YouTube.


Sumber : https://goo.gl/12yBoJ


Untuk melengkapi materi tenteng Cara membuat cuplikan video channel youtube yang ffektif di atas ini kamisertakan juga video panduannya, silahkan tonton hingga tuntas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *