Inilah Nama-nama Provinsi Beserta Jumlah Penduduk dan Luas Wilayah Terbaru 2017
Gambar : Google MapMasih ingat kah kalian jumlah Provinsi di Indonesia ini sekarang...?Atau sudah lupa...?Oke ..untuk mengingatkan kembali dan mungkin Anda sendiri baru tahu kalau sekarang ini jumlah provinsi terbaru di Indonesia adalah sudah 34 Provinsi. ya 34 Provinsi di Indonesia.Padahal dulu seingat saya masih sekolah, jumlah Provinsi di Indonesia masih  27 provinsi dan itu […]
Provinsi di indonesia terbaru 2017
Gambar : Google Map
Masih ingat kah kalian jumlah Provinsi di Indonesia ini sekarang...?
Atau sudah lupa...?

Oke ..untuk mengingatkan kembali dan mungkin Anda sendiri baru tahu kalau sekarang ini jumlah provinsi terbaru di Indonesia adalah sudah 34 Provinsi. ya 34 Provinsi di Indonesia.

Padahal dulu seingat saya masih sekolah, jumlah Provinsi di Indonesia masih  27 provinsi dan itu cukup lama sekali baru kemudian pada tahun 2000 an kalau ga salah mulai ada pemekaran sehingga menjadi 32 Provinsi....itu seinget saya lho....

Namun biar gak salah saya dapat referensi dari situs sejarah-negara.com sebagai berikut :

Pada awalnya jumlah provinsi di Indonesaia ada 8 provinsi, namun seiring waktu mengalami pemekaran. Berikut sejarah pemekaran provinsi di Indonesia dari tahun ke tahun :

Tahun 1950
Pada tahun ini jumlah provinsi bertambah menjadi 11, adapun provinsi yang mengalami pemekaran adalah sebagai berikut :
  1. Provinsi Sumatra, berkembang menjadi 3 provinsi, yaitu : Sumatra Utara, Sumatra Tengah, dan Sumatra Selatan.
  2. Provinsi Jawa Tengah, berkembang menjadi dua provinsi, yaitu : Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tahun 1956
Pada tahun ini jumlah provinsi di Indonesia bertambah menjadi 15, adapun provinsi yang mengalami pemekaran adalah sebagai berikut :

  1. Provinsi Sumatra Utara berkembang menjadi dua provinsi, yaitu : Sumatra Utara dan Daerah Istimewa Aceh (DIA).
  2. Provinsi Jawa Barat berkembang menjadi 2, yaitu : Jawa Barat dan Daerah Khusus Ibukota (DKI ) Jakarta.
  3. Provinsi Kalimantan berkembang menjadi 3 provinsi, yaitu : Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Tahun 1957
Pada tahun ini, jumlah provinsi bertambah menjadi 17 provinsi. Adapun provinsi yang mengalami pemekaran adalah sebagai berikut :

  1. Provinsi Sumatra Tengah berkembang menjadi 2 provinsi, yaitu : Sumatra Barat, Riau, dan Jambi.
  2. Provinsi Kalimantan Selatan berkembang menjadi 2 provinsi, yaitu Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Tahun 1958
Pada tahun ini jumlah provinsi di Indonesia bertambah menjadi 20 provinsi. Adapun provinsi yang mengalami pemekaran adalah sebagai berikut :
  1. Provinsi Sunda Kecil terbagi menjadi 3, yaitu : Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.
  2. Provinsi Riau dan Jambi terbagi menjadi 2, yaitu : Provinsi Riau dan Provinsi Jambi.
Tahun 1959
Pada tahunh ini jumlah provinsi di Indonesia bertambah menjadi 21 provinsi. Provinsi yang mengalami pemekaran adalah Provinsi Sumatra Selatan terbagi menjadi 2 yaitu : Sumatra Selatan dan Lampung.

Tahun 1960
Pada tahun ini jumlah provinsi di Indonesia bertambah menjadi 22. Provinsi yang mengalami pemekaran adalah Provinsi Sulawesi terbagi menjadi Sulawesi Utara dan Tengah, serta Sulawesi Selatan dan Tenggara.

Tahun 1964
Pada tahun ini jumlah provinsi bertambah menjadi 24 provinsi, yang mengalami pemekaran adalah :
  1. Provinsi Sulawesi Utara dan Tengah berkembang menjadi 2, yaitu : Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.
  2. Provinsi Sulawesi Selatan dan Tenggara berkembang menjadi 2, yaitu Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah.
Tahun 1967
Pada tahun ini jumlah provinsi bertambah menjadi 25. Provinsi yang mengalami pemekaran adalah Provinsi Sumatra Selatan berkembang menjadi 2 provinsi, yaitu : Sumatra Selatan dan Bengkulu.

Tahun 1969
Dengan masuknya Irian Jaya menjadi wilayah Indonesia, maka pada tahun ini jumlah provinsi di Indonesia bertambah satu menjadi 26 provinsi. Perjuangan para pahlawan dalam merebut Irian Jaya dari penjajah bisa dibaca selengkapnya di artikel Pembebasan Irian Barat

Tahun 1976
Pada tahun ini jumlah provinsi menjadi 27. Adapun provinsi yang mengalami pemekaran adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terbagi menjadi 2, yaitu Nusa Tenggara Timur dan Timor-Timur.

Tahun 1999
Lepasnya Provinsi Timor-Timur  dari Indonesia menyebabkan provinsi berkurang satu menjadi 26.

Namun, pada tahun ini juga ada beberapa provinsi yang mengalami pemekaran, sehingga menjadi 29 provinsi. Adapun yang mengalami pemekaran adalah :
  1. Provinsi Maluku mengalami pemekaran menjadi 2 provinsi, yaitu : Provinsi Maluku dan Maluku Utara.
  2. Provinsi Irian Jaya terbagi menjadi 3 provinsi, yaitu : Irian Jaya Timur, Irian Jaya Tengah, dan Irian Jaya Barat.
Tahun 2000
Pada tahun ini, jumlah provinsi di Indonesia bertambah menjadi 32. Provinsi yang mengalami pemekaran adalah sebagai berikut :
  1. Provinsi Sumatra Selatan berkembang menjadi 2 provinsi, yaitu : Sumatra Selatan dan Bangka Belitung.
  2. Provinsi Jawa Barat berkembang menjadi 2 provinsi, yaitu : Jawa Barat dan Banten
  3. Provinsi Sulawesi Utara berkembang menjadi 2 provinsi, yaitu : Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Tahun 2001
Pada tahun ini jumlah provinsi di Indonesia berkurang menjadi 31, mengapa? Karena pada saat itu terjadi penggabungan 2 provinsi, yaitu Provinsi Irian Jaya Timur dan Provinsi Irian Jaya Tengah menjadi Provinsi Papua.

Tahun 2002
Pada tahun ini, jumlah provinsi di Indonesia bertambah menjadi 32. Provinsi yang mengalami pemekaran adalah Riau menjadi dua provinsi, yaitu : Riau dan Kepulauan Riau.

Tahun 2004
Pada tahun in jumlah provinsi di Indonesia bertambah menjadi 33. Provinsi Sulawesi Selatan berkembang menjadi dua, yaitu : Provinsi Sulawesi Selatan dan Provinsi Sulawesi Barat.

Tahun 2012
Pada tahun ini jumlah provinsi di Indonesia bertambah menjadi 34. Provinsi yang mengalami pemekaran adalah provinsi Kalimantan Timur menjadi dua provinsi, yaitu : Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Kalimantan Utara adalah provinsi termuda di Indonesia.

Sumber : http://www.sejarah-negara.com/2014/10/pemekaran-provinsi-di-indonesia-sejak.html

Berikut ini nama-nama Provinsi beserta jumlah penduduk dan luas wilayah di Indonesia tahun 2017, data ini di peroleh dari situs resmi pemerintah Republik Indonesia yang dalam hal ini kementrian dalam negeri, And  bisa lihat di : http://www.kemendagri.go.id/pages/profil-daerah/provinsi


Sumber : kemendagri.go.id
34 provinsi di indonesia lengkap

Demikian data 34 provinsi di indonesia lengkap terbaru tahun 2017. data tersebut berdasarkan situs resmi miliknya Kementrian dalam negeri RI dengan alamat : www.kemendagri.go.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *