Cara Mencangkok Tanaman Agar Cepat Tumbuh Akar
Cara Mencangkok Cepat Tumbuh Akar.  Ya biasanya kita ingin selalu cepat, ingin cepat tumbuh, ingin cepat panen, wajar lah namanya juga manusia, iya kan.Baiklah sebelum membahas tentang cara mencangkok cepat tumbuh akar, sebaiknya kita mengenal dulu apa itu Mencangkok ?Mencangkok  adalah salah satu teknik pengembangbiakan tanaman yg sangat cocok untuk di tanam di dalam pot […]
cara mencangkok tanaman beserta gambarnya
Cara Mencangkok Cepat Tumbuh Akar.  Ya biasanya kita ingin selalu cepat, ingin cepat tumbuh, ingin cepat panen, wajar lah namanya juga manusia, iya kan.

Baiklah sebelum membahas tentang cara mencangkok cepat tumbuh akar, sebaiknya kita mengenal dulu apa itu Mencangkok ?

Mencangkok  adalah salah satu teknik pengembangbiakan tanaman yg sangat cocok untuk di tanam di dalam pot maupun di lahan biasa. dengan cara mencangkok maka tanaman akan lebih cepat untuk berbuah. berbeda dengan tanaman yang tumbuh dari biji langsung. pertumbuhannya cukup lama dan untuk berbuah memakan waktu bertahun-tahun lamanya.

Namun dengan cara ini atau di cangkok maka tanaman buah yang biasanya memakan waktu bertahun-tahun dapat dipercepat hanya dalam hitungan 2- 3 tahun tergantung jenis tanaman buahnya.

Lantas jenis tanaman apa saja yang dapat atau bisa di cangkok..?

Tanaman yg dapat dicangkok adalah tanaman buah berkayu keras atau berkambium yaitu zat penumbuh kulit kayu yang terasa licin jika diraba dengan jari dibawah lapisan kulit kayu. Ciri-ciri tanaman yang memiliki cambium salah satunya adalah batangnya semakin mengecil keatas, Contoh ; Rambutan, Mangga, Jambu klutuk, Jambu mete, jambu air, Durian, Jeruk dan lain-lain.

Dari beberapa informasi yang saya dapat, diantara tanaman diatas yang paling cepat tumbuh akar adalah Rambutan ± 1 bulan, dan yang lain ada yang 2-3 bulan.

Baiklah, kita mulai saja tentang  cara mencangkok cepat tumbuh akar, Proses mencangkok tanaman buah agar cepat tumbuh akarnya dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran yang luar biasa di mulai dari pemilihan ranting pohon yang kuat yang nantinya akan kita cangkok dan melakukan penyiraman hasil cangkokan tersebut.

Apa saja alat dan bahan-bahan untuk mencangkok agar cepat tumbuh akar ?

Tahap pertama adalah pemilihan ranting pohon
Tahap Kedua mempersiapkan alat-alat yang akan kita gunakan untuk mencangkok, yaitu :

  • Serabut kelapa
  • Tanah yang mengandung unsur hara
  • Pisau
  • Air
  • Siapkan pengikat tali rafia atau sejenisnya

Tahap tahapnya sebagai berikut :

  • Batang pohon yang akan kita cangkok kita kupas kulit luarnya sepanjang 15 cmdengan menggunakan pisau.
  • Setelah pohon terkelupas kulitnya sekarang tinggal membungkus kupasan ranting tersebut.
  • Tempelkan tanah yang mengandung kompos dan kemudian kita bungkus menggunakan serabut kelapa atau bisa juga kita bungkus menggunakan plastik yang sudah kita lubangi
  • Tahap terahkir mencangkok yaitu menyiram pada bagian batang yang telah kita bungkus dengan air setiap pagi hari dan sore hari.

Sebagai contoh ini saya sertakan video tentang cara mencangkok tanaman buah, pada kasus ini adalah mencangkok tanaman jeruk :



Setelah semuanya selesai, silahkan tunggu sekitar 4-6 minggu sebelum cangkokan siap dipisahkan dari induknya. Ingat selalu untuk menyirami cangkokan setiap pagi dan sore hari. Untuk memastikan bahwa tanaman yg dicangkok sudah jadi, check apakah sudah keluar akar yg cukup banyak, biasanya sampai menembuas plastik atau serabut pembungkus.

Apabila kondisi tanaman sudah memenuhi syarat, potong tanaman dari induknya. Sebaiknya memotong menggunakan gergaji agar tanaman tidak rusak.

Demikianlah Cara mencangkok tanaman agar cepat tumbuh akar. Untuk Anda yang sudah berpengalaman silahkan berbagi di kolom komentar ya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *