11 Kesepakatan Kerjasama Antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Arab Saudi
Kedatangan Raja Arab yatu Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud memberikan dampak yang positif luar biasa, dari mulai gencarnya pemberitaan  media baik TV, Koran, Internet dan lain sebagainya , ini membawa dampak yang luar biasa bagi dunia Advertaising ( dunia periklanan).Dari pemberitaan tentang kekayaan raja salman, Putri Raja salman, 25 Pangeran Raja salman, Raja […]
Kedatangan Raja Arab yatu Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud memberikan dampak yang positif
11 Kesepakatan Kerjasama Antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Arab Saudi
luar biasa, dari mulai gencarnya pemberitaan  media baik TV, Koran, Internet dan lain sebagainya , ini membawa dampak yang luar biasa bagi dunia Advertaising ( dunia periklanan).

Dari pemberitaan tentang kekayaan raja salman, Putri Raja salman, 25 Pangeran Raja salman, Raja salman ke balli sampai berita berita hoax lainnya menjadi rame.

Namun kali ini saya tidak akan membahas tentang ramainya media yang memberitakan kunjungan raja salaman ke Indonesia melainkan tentang apa saja hasil dari kunjungan resmi di IStana Negara dengan Presiden RI Joko Widodo.

Berikut ini hasil dari pertemuan resmi antara kedua belah pihak yaitu pemerintah Arab saudi oleh Raja Salman bin Abdul Aziz denag Pemerintah Indonesia yaitu Presiden Jokok Widodo:


  1.  Deklarasi pemerintah Kerajaan Arab Saudi perihal peningkatan pimpinan sidang komisi bersama. Menteri Kabinet Kerja yang menandatangani MoU ini adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.
  2. Pendanaan Arab Saudi terhadap pembiayaan proyek pembangunan antara Saudi Fund for Development dan Pemerintah Indonesia. Menteri Keuangan RI dan Wakil Direktur Saudi Fund adalah dua orang yang menandatangani MoU ini.
  3. Nota kesepahaman kerja sama kebudayaan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta Kementerian Kebudayaan dan Informasi Kerajaan Arab Saudi.
  4. Program kerja sama antara Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia dan Otoritas Usaha Kecil dan Menengah Kerajaan Arab Saudi mengenai pengembangan usaha kecil dan menengah.
  5. Nota kesepahaman antara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi di bidang kerja sama kesehatan.
  6. Nota kesepahaman antara otoritas aero nautica Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi.
  7. Program kerja sama Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi dalam bidang kerja sama scientific dan pendidikan tinggi.
  8. Nota kesepahaman antara Kementerian Agama Republik Indonesia dan Kementerian Urusan Islam Dakwah dan Bimbingan Kerajaan Arab Saudi di bidang urusan Islam.
  9. Nota kesepahaman antara Pemerintah Indonesia dan pemerintah Kerajaan Arab Saudi di bidang kerja sama kelautan dan perikanan.
  10. Program kerja sama perdagangan antara Kementerian Perdagangan Republik Indonesia serta Kementerian Perdagangan dan Investasi Kerajaan Arab Saudi.
  11. Perjanjian kerja sama dalam pemberantasan kejahatan antara Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Kementerian Dalam Negeri Kerajaan Arab Saudi.

Lihat juga berita tentang :

Keberkahan atas kunjungan Raja Arab ke Indonesia

Demikian hasil dari kunjungan resmi Raja Arab saudi ke Indonesia, semoga dengan kunjungan ini membawa keberkahan buat kedua bangasa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *