Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas
Memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas dari video tersebut adalah salah satu cara untuk menghemat ruang penyimpanan dan juga untuk meringankan saat upload video di youtube.Biasanya Video hasil rekaman memiliki ukuran file yang besar baik hasil rekaman melalui HP maupun perangkat lainnya. hal ini menjadi beban tersendiri untuk Youtuber ketika mau upload video di Youtube, […]
Memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas dari video tersebut adalah salah satu cara untuk menghemat ruang penyimpanan dan juga untuk meringankan saat upload video di youtube.

Biasanya Video hasil rekaman memiliki ukuran file yang besar baik hasil rekaman melalui HP maupun perangkat lainnya. hal ini menjadi beban tersendiri untuk Youtuber ketika mau upload video di Youtube, untuk itu maka ada cara agar video tersebut ukurannya diperkecil dengan tanpa mengurangi kulitas gambar dari video tersebut.

Memperkecil ukuran video di pc atau laptop sebenarnya sangat sederhana karena banyak aplikasi atau software untuk memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas video tersebut dengan gratis.

Nama aplikasi untuk memperkecil ukuran video

Beberapa nama aplikasi untuk memperkecil ukuran video yang gratis dan populer adalah Any Video Converter,  Format Factory, Handbrake, Cyko dan masih banyak lagi.

Dari pengalaman penulis sendiri dalam memperkecil ukuran video tersebut aplikasi yang memiliki ukuran sangat kecil adalah Handbrake atau Cyko. namun kelemahannya dalama proses convertingnya cukup lama.

Any Video Converter kelebihannya memiliki banyak format untuk outputnya seperti kualitas Smartphone, Play Station, Apple, TV dan lain-lain, kekurangannya ukurannya filenya masih agak besar.

Dari pengalaman tersebut akhirnya saya pilih aplikasi untuk memperkecil ukuran video pada Format Factory, dengan alasan memiliki kecepatan dalam converting atau encodingnya dan memiliki ukuran file yang kecil lebih kecil dari any video converter tapi masih lebih besar dari Handbrake.

Cara Mengecilkan Ukuran Video dengan Format Factory

Sebelumnya silahkan Anda Download terlebih dahulu aplikasi Format Factory.


Berikut ini langkah-langkah mengecilkan ukuran video dengan format factory :

1. Jalankan Aplikasi Format Factory . Pilih format file video yang akan menjadi akhir dari video tersebut , lihat gambar berikut :

cara memperkecil ukuran video youtube


2. Setelah memilih format keluaran atau file hasil akhir yang di kehendaki misalnya MP4, MKV, AVI, 3GP lalu akan di arahkan ke pilihan sumber file atau asal file yang mau di convert tadi :

nama aplikasi untuk memperkecil ukuran video

3. Silahkan cari dan klik File video yang mau di convert menjadi pilihan pada langkah pertama.

4. Setelah terpilih maka akan ada atau muncul di daftar pilihan file video yang mau di convert kemudian langkah terakhir klik START:


cara memperkecil ukuran video


5. Silahkan tunggu sampai proses converting 100%.:


memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas


Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *