Cara Install WordPress di Digital Ocean dengan Server pilot
Melalui tulisan ini saya akan berbagi tentang Cara Install WordPress di Digital Ocean dengan mudah  dengan Server Pilot, dengan Server pilot menginstall wordpres hanya tinggal klik dan klik saja.Sebagaimna Anda ketahui bahwa VPS Unmanage tidak disediakan control panel untuk menginstal aplikasi atau program yang hendak Anda bangun.Selanjutnya adalah ...............Salah satu modal untuk menghasilkan uang dari internet adalah memiliki […]
Cara Install WordPress di Digital Ocean
Melalui tulisan ini saya akan berbagi tentang Cara Install WordPress di Digital Ocean dengan mudah  dengan Server Pilot, dengan Server pilot menginstall wordpres hanya tinggal klik dan klik saja.

Sebagaimna Anda ketahui bahwa VPS Unmanage tidak disediakan control panel untuk menginstal aplikasi atau program yang hendak Anda bangun.

Selanjutnya adalah ...............
Salah satu modal untuk menghasilkan uang dari internet adalah memiliki Blog atau website. Website atau blog saat ini dapat dengan mudah dibangun dengan platform Blogger maupun WordPress.

Cara Install WordPress di VPS 

Mengapa saya pilih hosting VPS ?
Sederhananya adalah dengan VPS kita bebas untuk menginstal apa saja, sebagaimana komputer kita sendiri mau di instal apalikasi apa saja terserah kita, dan enaknya lagi bahwa dengan VPS website atau blog akan lebih cepat di akses. itu saja....ya

Pada postingan sebelumnya saya telah menguraikan tentang cara install wordpress di VPS  dengan Server Linux Centos 7.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman step by step Cara Install WordPress dengan mudah di VPS dengan Server Pilot.

Oh ya ....saya belum sebutkan tempat hosting VPS yang saya gunakan...ya
Tempat hosting VPS yang saya sewa adalah di Digital Ocean. silahkan Anda daftar dulu di digital ocean. Klik disini untuk mengenal layanan hosting digital ocean.

#Tahap Persiapan

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuat website dengan hosting VPS ini.?

1. Siapkan Nama Domain
2. Siapkan kartu kridit atau paypal dengan saldo minimal $5
3. Siapkan Email untuk daftar di digital ocean dan di Server Pilot

Oke saya anggap Anda telah memiliki domain.

Selanjutnya adalah .....

#Tahap Setting VPS di Digital Ocean

Beli layanan hosting VPS di Digital Ocean, langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan Anda kunjungi DigitalOcean.com, kalau belum daftar punya silahkan Signup dulu. setalah daftar dan memiliki akun silahkan Anda login, berikutnya, CREATE DROPLET.

Cara Install WordPress di Digital Ocean dengan Server pilot


2. Pilih lokasi server hostingya , disesuaikan dengan target pengunjung Web Anda, misalnya Anda menargetkan pengunjung webnya adalah Indonesia maka pilih server  lokasi Indonesia, namun diberhubung di Indonesia tidak tersedia maka pilih yang terdekat saja yaitu Singapura.

Cara Install WordPress dengan Server pilot
3. Pilih biaya untuk hosyingnya, silahkan sesuaikan dengan anggaran Anda, pada kasus ini saya pilih yang $5.
Cara Install WordPress di Digital Ocean

4. Pilih Operating Sistem untuk servernya , pada kasus ini saya pilih Ubuntu 16.04x64


Cara Install WordPress dengan mudah
5. Buat nama untuk hosting Anda, Anda bebas untuk memberikan nama identitas hostingnya misalanya nama Anda, nama websiste atau nama keyword  dan lain-lain.
Cara Install WordPress di VPS



6. Terkhir adalah klik CREATE DROPLET.


#Tahap Setting di Server Pilot

Silahkan Anda Login di Server pilot, kalau belum punya akun silahkan Anda register terlebih dahulu di sini

Cara Install WordPress dengan cepat
Setelah Anda login silahkan Anda menghubungkan dengan tempat hosting Anda, yaitu Digital Ocean. untuk menghubungkan dengan hosting, lihat email Anda saat Anda daftar di digital ocean.
Anda akan mendapatkan IP addres dan Password. ini yang nantinya akan Anda masukkan di server pilot saat diminta untuk mengisikan data-data tersebut.

Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :


1. Isi data - data yang diperlukan yaitu IP Address, root Password dan SFTP Pasword. untuk SFTP Pasword silahkan Anda buat password baru, ini nantinya untuk bisa Anda gunakan untuk login melalui FTP protokol seperti FIle zila dan yang lainnya.

cara install wordpress di hosting

2. Setelah diisi semua dengan benar kemudian klik Connect to Server, apabila semua yang Anda isi benar maka proses instalasi Webserver / Aphace , Database server/My SQL Server dan Web Programing / PHP akan segera di Install denagan otomatis. ini yang saya maksud dengan mudah tanpa Anda harus menggunakan Putty dan koding-koding yang ribet.




3. Proses instalasi LAMP (Linux Apahce, MySQL dan PHP) selesai .
cara install wordpress manual



4. Tahap ini adalah tahap inti yaitu install WordPress dengan mudah,  Silahkan Anda Buat Aplikasi dalam hal ini WordPress....Tinggal Anda ikuti saja. dan isi data-data blog yang Anda inginkan seperti judul blog, username  dan password untuk login di WordPress Admin nantinya. Setelah selesai silahkan Anda lihat hasilnya di browser ketikkan IP Addres yang Anda dapatkan dari digital Ocean. lihat hasilnya instalasi WordPress telah berhasil

#Tahap Finising 

Tahap terakhir adalah tahap menghubingkan domain name dengan tempat hosting. agar ketika orang mengetikkan domain atau URL blog /web anda akan tampil sesuai yang Anda kehendaki, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1.Silahkan Anda login terlebih dahulu ke tempat register domain kemudaian cari settingan Name server  isi name server digital ocean seperti gambar di bawah ini :




Name server digital ocean


2. Login di akun digital Ocean Anda kemudian klik add domain pada akun droplet, lihat gambar berikut :

localhost/wordpress




3. Isikan domain Anda dan pilih dropletnya kemudian klik Craate Record.
ara membuat wordpress offline menjadi online


4. Seelah jadi klik More di samping kanan domain tersebut, lalu pilih View Domain:
ara membuat wordpress offline menjadi online




5. Nah ini tahap yang penting ya ..klik menu CNAME,  isikan pada Enter Name dengan WWW dan pada Enter Hostname dengan @. setelah di isi klik Create CNAME Record.



Selesai dah  step stepnya, silahkan Anda cek domain Anda di Browser. dan lihat hasilnya... ya...hasilnya pasti akan sama dengan anda mengetikkan IP Addres yang diberikan dari digital ocean yaitu tampilan pertama wordpres.

Okeh ....itulah Cara Install WordPress di Digital Ocean dengan Server pilot  dengan mudah. mudah-mudahan dapat membantu Anda semua yang membutuhkan panduan lengkap Cara Install WordPress di digital ocean denagan mudah tanpa instalasi LAMP secara manual.

One thought on “Cara Install WordPress di Digital Ocean dengan Server pilot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *