Mau Jualan di Facebook ?
Trik jualan di facebook, Jago jualan di facebook ...dan yang lainnya ......Ya fenomena yang sudah tidak asing lagi bahwa facebook saat ini jadi sarana yang sedang TREND untuk jualan Online....banyak kisah sukses yang sudah diberitakan di berbagai media.Setiap negara memang memiliki keunikan tersendiri atas prilaku sosial di negaranya. salah satu contohnya di Negara kita tercinta […]
Trik jualan di facebook, Jago jualan di facebook ...dan yang lainnya ......
Ya fenomena yang sudah tidak asing lagi bahwa facebook saat ini jadi sarana yang sedang TREND untuk jualan Online....banyak kisah sukses yang sudah diberitakan di berbagai media.

Setiap negara memang memiliki keunikan tersendiri atas prilaku sosial di negaranya. salah satu contohnya di Negara kita tercinta ini, yaitu fenomena media sosial yang sangat di gandrungi masyarakat Indonesia yaitu Facebook.

Oke langsung saja ya....
Trik jualan di facebook
Terus terang pada saat saya menulis ini,  saya sendiri belum termasuk kategori yang berhasil jualan di facebook, namun karena saya adalah pelaku bisnis Online dan saat ini memfokuskan pada publisher Adsense, lebih spesifik lagi pada content dan youtube, sehingga medsos seperti facebook ini tidak asing lagi untuk dijadikan sarana promosi atau untuk jualan, baik jualan barang, jasa bahkan jualan iklan lagi.

Bercermin dari salah seorang temen saya, yang fokus jualan di facebook maka tips ini adalah merupakan rangkuman untuk Anda yang mau jualan di facebook.

Okey langsung saja ya....


1. Kumpulkan Target yang sedang membutuhkan Produk Anda

Sebagus apapun produk Anda, sehebat apapun iklan/penawaran Anda, mereka tidak akan beli jika mereka nggak butuh dan gak tertarik. Kalau anda jualan sepatu bola tapi temen di FB isinya cewek semua apa akan banyak yang beli?

Jadi syarat utama agar produk Anda laris manis, adalah dengan cara mengumpulkan target yang sedang membutuhkan produk yang Anda jual (Niche). Kumpulkan di suatu wadah. Nah ini wadah yang di maksud : FB Personal (Pribadi) & Fanpage.

Kalau Anda tahu siapa target market Anda, selanjutnya Anda harus tahu dimana mereka biasa berkumpul. Tempat berkumpulnya orang-orang di facebook yaitu Fanpage & Grup.

Misal Anda jualan Produk elektronik , cari aja Fanpage/Grup yang TEMA-nya Elektronik. Kata kunci yang terkait elektronik yaitu komputer, TV, DVD player, PS dll. Tinggal di ketik aja kata kuncinya di kolom search Facebook, nanti akan muncul list Fanpage & Grup yang berkaitan.

Lalu setelah ketemu,  lakukan hal berikut :


  1. Add Friends yang tertarget dan butuh dengan produk Anda
  2. Lakukan Edukasi rutin. Sering posting sesuatu yang bermanfaat. Branding diri Anda agar calon buyer Anda tahu bahwa Anda adalah seller yang tepat buat mereka
  3. Setelah Anda merasa Branding sudah cukup, Anda bisa melakukan promosi yang kreatif


2. Berikan Informasi yang berkaitan secara kontinyu

Setelah Anda berteman dengan target yang sesuai Niche dan mereka tahu bahwa Anda menjual produk yang mereka butuhkan, Lantas apa mereka langsung beli ke Anda?

Jadikan Anda itu sebagai solusi yang tepat atas masalah-masalah mereka. Anda harus meyakinkan mereka bahwa Anda adalah tempat yang tepat, untuk membeli apa yang mereka butuhkan.

Buat status-status sharing yang di butuhkan target market Anda. Seperti Tips-tips, berita terbaru seputar produk/bisnis Anda.

Nah dengan sering memberikan sharing yang bermanfaat dan sering interaksi, maka selain mengenal Anda merekapun akan makin akrab dengan Anda. Kalau sudah akrab, akan lebih mudah terjadi penjualan, di banding yang belum kenal sama sekali.

Jadilah pemberi edukasi sehingga target market kita kepincut hatinya, dan akhirnya siap panen alias dengan senang hati akan membeli produk yang kita tawarkan. Jangan belom apa-apa langsung menyodorkan produk aja, ingat: orang gak suka sama sales dan gak suka iklan.

3. Lakukan Promosi Secara bertahap 

Pertanyaanya adalah :
Kapan waktu yang tepat untuk melakukan promosi?

Rumusnya adalah 5:1 Artinya setelah melakukan 4x posting edukasi baru 1x posting promosi.
Saran saya jika Anda masih baru-baru, lebih baik di perbanyak lagi edukasinya, misal 9x edukasi setelah itu baru 1x promosi. Jadi Rumusnya 10 :1 untuk yang masih awal.

Jika cara awalnya benar, maka sekali update status promosi, langsung banjir order. Tanpa harus menggunakan iklan berbayar.


Dalam Bisnis Online maupun Offline. Kita perlu memiliki seni dalam menjalin hubungan dengan orang, Sering kali orang beli bukan karena butuh produk tersebut, melainkan karena suka dengan penjualnya (orangnya).

Meskipun Anda belum pernah bertemu dengan Teman Facebook Anda, kalau Anda sudah begitu akrab dengan mereka, mereka ga akan kebaratan untuk membeli, join, atau menerima penawaran apapun dari Anda, meskipun Anda menawarkan produk atau jasa yang berbeda.

Itu artinya Anda sudah memenangkan hati mereka. Pada dasarnya manusia suka di perhatikan dan di hargai, Lalu bagaimana cara mengaplikasikan di Facebook?

1. Interaksi, layaknya seorang teman dekat

Pada saat Anda buka Timeline/Beranda pasti Anda akan banyak melihat status-status Teman Facebook Anda. Jangan lupa untuk memberikan like pada status mereka, kalau bisa beri komentar juga, maka terciptalah interaksi.

2. Cepat menanggapi

Salah satu kunci larisnya Bisnis Online adalah Fast Respon. Ketika ada yang bertanya-tanya, entah itu di komentar status atau di chat, maka segeralah langsung di balas dan layani secepatnya, jangan sampai tertunda lama, apalagi sampai lupa membalasnya. Kalau kita lambat merespon kadang mereka akan mengurungkan niatnya untuk membeli

3. Berikan Solusi

Pada saat kita sharing tentang tips-tips, kemudian mereka bertanya lebih detail tentang tips tersebut
Jawablah sebisa Anda dan berikan solusi atas pertanyaan tersebut. Mungkin Anda bisa meminta bantuan mbah Google jika merasa kesulitan menjawabnya.

4. Berikan Perhatian lebih

Lakukan chatting, sapa mereka, tanya kabar, tanya kondisi bisnis dan keluarga mereka, di mulai dari basa-basi dan obrolan ringan. Lakukan Like dan comment di status mereka sebagai support terhadap aktivitas yang mereka lakukan.

5. Ucapkan Selamat Ulang Tahun

Kirimkan status ucapan selamat ulang tahun kepada orang yang sering berinteraksi dengan Anda, maupun kepada orang yang jarang interaksi. Anda bisa lihat di bagian kanan atas FB siapa teman Anda yang hari ini sedang berulang tahun. Kirim ucapan yang berbeda dengan yang lainnya.

6. Jangan lupa untuk memposting testimoni

Posting testimoni, dengan adanya bukti orang lain yang sudah merasakan manfaat produk Anda, sudah pasti meningkatkan trust pada bisnis Anda. Orang lebih percaya kepada costumer di banding penjual.

Demikian kira-kira pengalaman dari temen saya tersebut. Namun setiap orang tentunya memiliki pengalaman yang berbeda-beda untuk itu silahkan Anda untuk mencoba sendiri mana yang sangat efektif untuk menghasilkan profit dari Jualan di Facebook Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *