Tambahkan tag Heading , gambar dan robot.txt untuk SEO
Sebagai point lanjutan dari pembahasan mengenal lebih dalam tentang SEO, kali ini saya akan melanjutkan point-point berikut ini :#Point 7 – Tambahkan gambar pada web atau blog AndaTambahkan gambar pada artikel Anda selain akan memberikan gambaran tentang artikel tersebut juga dapat mendatangkan pengunjung dari pencarian gamabar atau image pada mesin pencarian. namun hendaknya tambahkan kode […]
Sebagai point lanjutan dari pembahasan mengenal lebih dalam tentang SEO, kali ini saya akan melanjutkan point-point berikut ini :

#Point 7 – Tambahkan gambar pada web atau blog Anda

menambahkan gambar pada artikelTambahkan gambar pada artikel Anda selain akan memberikan gambaran tentang artikel tersebut juga dapat mendatangkan pengunjung dari pencarian gamabar atau image pada mesin pencarian. namun hendaknya tambahkan kode atau atribut "alt" pada gambar tersebut, karena kode alt tersebut fungsinya untuk dapat dikenali oleh mesin pencari.

Semua gambar dapat memiliki nama file yang berbeda dan atribut "alt", yang seharusnya Anda manfaatkan. Atribut "alt" memungkinkan Anda menetapkan teks alternatif untuk gambar. berikan keterangan gambar tersebut sesui dengan yang dimaksud dari konten gambar tersebut.

Gunakan jenis file yang umum - Kebanyakan browser mendukung format gambar JPEG, GIF, PNG, dan BMP. Dan buatlah nama file dari gambar tersebut sesuai dengan isi konten web Anda atau menggambarkan dari gambar itu sendiri.

Berikan teks alt saat menggunakan gambar sebagai tautan  Jika Anda memutuskan untuk menggunakan gambar sebagai tautan, mengisi teks alt akan membantu mesin pencari memahami selengkapnya tentang halaman yang Anda tautkan.  lihat contoh berikut :

alt image


Hindari:

  • Mmenggunakan nama file generik seperti "image1.jpg", "pic.gif", "1.jpg
  • Mmenulis teks alt yang terlalu panjang yang dapat dianggap spam


#Point 8 – Tambahkan  tag heading sewajarnya

tambahkan tag headingGunakan tag heading untuk menekankan teks yang penting Tag heading (jangan keliru dengan tag HTML atau baris awal (bagian kepala) HTTP) digunakan untuk menyajikan struktur pada halaman bagi pengunjung. Terdapat enam ukuran tag heading, yang diawali dengan

, yang terpenting, dan diakhiri dengan

, yang tidak penting.

Karena tag heading biasanya membuat teks yang terdapat di dalamnya menjadi lebih besar daripada teks normal pada halaman, ini merupakan isyarat visual bagi pengunjung bahwa teks ini penting dan dapat membantu mereka memahami sesuatu tentang jenis konten di bawah teks judul.

Beberapa ukuran heading digunakan secara berurutan untuk menciptakan struktur bagi konten Anda, membuat pengunjung jadi lebih mudah menavigasi melalui dokumen Anda.

Tag heading merupakan komponen web atau blog web yang penting untuk menarik minat
pengunjung, jadi berhati-hatilah dalam menggunakannya!

Contoh :



Judul Artikel


sub judul


paragraph 1  




#Point 9 – Tambahkan robots.txt dengan efektif

Batasi perayapan jika tidak diperlukan dengan robots.txt File "robots.txt" memberi tahu mesin pencari apakah dapat mengakses kemudian merayapi bagian web atau blog Anda. File ini, yang dinamai dengan "robots.txt", ditempatkan di direktori home web atau blog Anda.

Anda mungkin tidak ingin halaman tertentu dari web atau blog Anda telusuri karena halaman tersebut mungkin tidak berguna bagi pengunjung dan tidak ingin di tampilkan oleh mesin pencari.

Jika Anda ingin mencegah mesin pencari menelusuri halaman Anda, maka Alat Webmaster
Google memiliki pembuat robots.txt untuk membantu Anda membuat file ini.

Perhatikan bahwa jika web atau blog Anda menggunakan subdomain dan Anda ingin halaman tertentu tidak dirayapi pada subdomain tertentu, Anda harus membuat file robots.txt terpisah untuk subdomain tersebut. Untuk informasi selengkapnya tentang robots.txt, sebaiknya Anda membaca panduan Pusat Bantuan Webmaster
tentang menggunakan file robots.txt ini.

Berikut cotohnya :

User-agent: *
Disallow: /gambar/
Disallow: /cari

Selngkapnya untuk pembahsan cara setting robot.txt di blogspot, insya Alloh akan di bahas pada tahapan selanjutnya.

#Point 10 - Hati-hati saat mengunakan tautan rel="nofollow"

Saat  web atau blog Anda memiliki blog akses komentar publik aktif, maka akan banyak komentar yag masuk, dan komentar blog pada halaman tersebut  sangat mudah terkena spam komentar untuk itu kita harus mencegahnya dengan atribut rel=”nofollow”.

Ada banyak cara untuk menghindari komntar spam ini diantaranya yaitu dengan menfaktifkan settingan moderasi pada komentar-komentar Anda, juga dengan tools plugin spam komentar atau juga dengan mengaktifkan  CAPTCHA, dan hal ini biasanya untuk platform blog yang berbasis CMS sudah tersedia.

Kegunaan lain dari nofollow adalah saat Anda menulis artkel dan ingin mereferensikan web atau blog web lain, maka sebaiknya Anda tambahkan rel=”nofollow”.

Demikian pembahasan tentang tag heading , penambahan gambar, atribut nofollow dan robot txt. mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *