Susun menu navigasi blog semudah mungkin untuk SEO
Melanjutkan pembahsan sebelumnya yaitu Judul dan Deskripsi adalah salah satu Faktor Penentu SEO, kali ini adalah bagaimana mempermudah pengunjung blog dengan menyusun struktur link blog/web sesederhana mungkin juga agar lebih mudah untuk di pilih atau dilihat-lihat.#Point 3 - Susunlah struktur link blog/web AndaURL  atau pengalamatan  link adress yang mudah dipahami akan menyampaikan informasi konten dengan Mudah. Membuat kategori […]

Melanjutkan pembahsan sebelumnya yaitu Judul dan Deskripsi adalah salah satu Faktor Penentu SEO, kali ini adalah bagaimana mempermudah pengunjung blog dengan menyusun struktur link blog/web sesederhana mungkin juga agar lebih mudah untuk di pilih atau dilihat-lihat.

#Point 3 - Susunlah struktur link blog/web Anda

susuna url yang baikURL  atau pengalamatan  link adress yang mudah dipahami akan menyampaikan informasi konten dengan Mudah. Membuat kategori dan nama file yang deskriptif untuk web/blog bukan hanya membantu situs tetap terorganisir dengan lebih baik, melainkan juga dapat membawa perayapan mesin pencari yang lebih baik pada web Anda. Hal ini juga akan membuat URL yang lebih mudah dan "lebih bersahabat" untuk mereka yang ingin membuat tautan ke konten Anda. Pengunjung mungkin akan kesulitan oleh URL yang sangat panjang dan tersembunyi yang berisi sedikit kata yang dapat dikenali.

Untuk itu maka gunakan alamat URL itu bukan dengan anka atau kode-kode yang tidak dikenali melainkan kata-kata yang mudah dimengerti.

Contoh :
www.contohblog.com/menu/cara-membuat-makanan-dari-ketan-hitam

Bukan

seperti ini :  "www.example.com/artikel/102125/".

Gunakan struktur direktori yang mengatur konten Anda dengan baik dan mempermudah pengunjung mengetahui tempat mereka berada di situs Anda. Usahakan untuk menggunakan struktur direktori yang tersusun dengan jelas guna mengindikasikan jenis konten yang ditemukan dalam URL tersebut.

#Point 4 - Buatlah situs agar lebih mudah untuk dinavigasi

susunan menu yang sederhana
Navigasi sangatlah penting bagi mesin  penari  Navigasi situs web penting dalam membantu pengunjung menemukan konten yang mereka inginkan secara cepat. Hal ini  juga dapat membantu mesin pencari memahami isi konten yang dianggap penting oleh webmaster.

Semua situs memiliki beranda atau home, yang biasanya merupakan halaman situs yang paling sering dibuka dan tempat permulaan navigasi untuk pengunjung. Jika situs Anda memiliki sedikit halaman, Anda sebaiknya berpikir mengenai cara pengunjung berpindah dari halaman umum  Anda ke halaman yang berisi konten yang lebih spesifik.

memiliki halaman yang cukup di sekitar area topik spesifik sehingga akan  masuk  akal  untuk  membuat  sebuah  halaman  yang mendeskripsikan halaman terkait ini.

misal: beranda -> cantuman topik terkait -> topik spesifik


Pastikan lebih banyak kemudahan bagi pengguna menggunakan ‘daftar breadcrumb’
berbeda yang perlu diklasifikasikan dalam beberapa kategori dan  halaman sub-kategori?

Breadcrumb adalah sebaris tautan internal pada bagian atas atau bawah halaman yang memungkinkan pengunjung menavigasi  kembali ke bagian sebelumnya atau ke halaman akar dengan cepat .

Tambahkkan Peta situs baik untuk pembaca maupun untuk mesin pencari

peta situs untuk pengunjung
Peta situs adalah halaman sederhana pada situs Anda yang menampilkan struktur situs web, dan biasanya berisi cantuman hierarki halaman situs. Pengunjung bisa mengunjungi halaman ini jika mereka memiliki masalah dalam menemukan halaman pada situs Anda. Meskipun mesin pencari juga akan mengunjungi halaman ini, dan mendapatkan cakupan perayapan yang baik dari halaman situs Anda, sebenarnya halaman ini ditujukan untuk pengunjung manusia.

Daftar halaman pada situs web tertentu. Dengan membuat dan mengirimkan daftar ini,
Anda dapat memberi tahu Google semua halaman di situs web, termasuk URL apa pun
yang mungkin tidak terdeteksi oleh proses perayapan reguler Google.

Persiapkan dua peta situs/site map:
1. satu untuk pengguna,
2. satu untuk mesin pencari


File Petasitus XML (huruf besar), yang dapat Anda kirimkan melalui  Alat Webmaster Google, mempermudah Google menjelajahi halaman situs Anda.

Contoh peta situs HTML dan Peta situs XML. Peta situs HTML dapat membantu pengguna menemukan konten yang mereka cari dengan mudah, dan Peta situs  XML dapat membantu mesin pencari menemukan halaman di situs Anda.

  • Buat susunan menu untuk navigasi yang sederhana jangan terllau panjang. 
  • Hindari terlalu banyak sub menu untuk mendapatkan konten yang spesifik sehingga pembaca mencarinya dengan memerlukan dua puluh klik.
  • Gunakan menu navigasi dengan tautan teks. Banyak pengguna juga menyukai pendekatan ini dibanding lainnya, khususnya untuk perangkat yang mungkin tidak menangani Flash atau JavaScript.
  • Hindari membuat menu dan sub menu dengan menggunakan gamabar atau animasi.
  • Untuk navigasi, focus seharusnya ditekankan pada kesederhanaan dan kemudahan penggunaan!
  • Menu halaman memudahkan pengguna  dengan  menggunakan  produk,  layanan,  dll. Penekanannya adalah kesenangan, kemudahan, dan kenyamanan bagi pengguna.
  • Buatlah Peta situs XML untuk situs Anda membantu menjamin mesin pencari menemukan halaman-halaman pada situs Anda.
  • Jangan membiarkan halaman yang rusak atau tidak ditemukan pada web Anda.
  • Apabila ada halaman yang tidak ditemukan maka segera diarahkan ke halaman 404 dimana  pada halaman 404 khusus yang dapat memandu pengguna untuk kembali ke halaman yang benar-benar ada di web Anda.
  • Jangan izinkan halaman 404 untuk diindeks oleh  mesin pencari.

Demikian pembahsan point 3 dan point 4 untuk meningkatkan optimasi web agar lebih mudah dikenali mesin pencari juga disukai oleh pengunjung. selanjutnya kita akan bahas point-point selajutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *