Judul dan Deskripsi adalah salah satu Faktor Penentu SEO
Melanjutkan postingan atau artikel sebelumnya yaitu tentang mengenal lebih dalam tentang SEO , maka saya akan mengupas tentang Judul dan Deskripsi adalah salah satu Faktor Penentu SEO.Meskipun di Internet sudah banayak dan bertebaran yang telah mengupas dan membahas seputar dunia SEO ini. dan sekalipun saya belum pakar dalam hal SEO namun tidak ada salahnya kalau ilmu yang […]
Melanjutkan postingan atau artikel sebelumnya yaitu tentang mengenal lebih dalam tentang SEO , maka saya akan mengupas tentang Judul dan Deskripsi adalah salah satu Faktor Penentu SEO.

Meskipun di Internet sudah banayak dan bertebaran yang telah mengupas dan membahas seputar dunia SEO ini. dan sekalipun saya belum pakar dalam hal SEO namun tidak ada salahnya kalau ilmu yang saya dapatkan ini saya share di blog saya ini.

Sebagaimana pada postingan sebelumnya bahwa Insya Alloh saya akan membahas  satu persatu dari 16 poin-poin penting dalam optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO). dan pada kesempatan ini saya akan bahas point1 dan point 2 .

# Point 1 -  Buatlah judul halaman (URL)  yang unik

penulisan judul yang akurat
Judul pada halaman web/blog merupakan pemberitahuan kepada pengguna dan mesin telusur mengenai topik tertentu pada suatu halaman.

Tag seharusnya ditempatkan di dalam tag <head> dari dokumen HTML . Idealnya, judul yang unik diperlukan untuk setiap halaman pada situs Anda.<br /><br />Jika artikel Anda muncul di halaman hasil pencarian, maka kata di judul harus ditebalkan jika muncul pada kueri penelusuran pembaca. Penebalan kata ini dapat membantu pengguna mengenali apakah suatu halaman relevan dengan apa yang mereka cari.<br /><br />Judul halaman beranda Anda dapat menggambarkan  nama situs web/bisnis dan juga mencakup sebagian kecil informasi penting seperti lokasi bisnis atau mungkin beberapa layanan jasa dan lainnya.<br /><br />Contoh :<br /><br /><i><span style="color: blue;"><html></span></i><br /><i><span style="color: blue;"><head></span></i><br /><i><span style="color: blue;"><title>Toko Emas Berkah - Jual Beli, Harga, dan Emas di Indonesia





Untuk itu pada prakteknya dalam membuat artikel dalam postingan halaman Anda adalah Memadukan Antara Judul halaman dengan isi/content dari judul tersebut saling berhubungan.

Contoh :
 Judul : Lomba Panjat pinang di Lapangan sepak Bola Kebon Jeruk

Isi /Content :

Paragraf …..Menerangkan kegiatan lomba panjat pinang
Paragraf ….Lokasi panjat pinang
Paragraf…siapa saja yang mengikuti lomba panjat pinang

Hindari:

  • Memilih judul yang tidak berhubungan dengan konten misalnya : "Untitled" atau "New Page"
  • Menggunakan satu judul pada semua halaman atau sekumpulan besar halaman situs Anda


Yang perlu di ingat adalah buatlah judul yang singkat namun deskriptif. Judul bisa pendek dan informatif. Jika judul terlalu panjang, Google hanya akan menampilkan sebagian saja dan jangan menggunakan judul yang sangat panjang yang tidak membantu pengunjung.

# Point 2 - Menggunakan meta tag "description"

meta tag deskripsiMeta tag deskripsi pada sebuah halaman web/blog akan memberikan Google dan mesin pencari
 lainnya informasi secara ringkasan mengenai suatu halaman . Meta tag deskripsi halaman bisa berupa kalimat maupun dua paragraf atau paragraf pendek, sedangkan judul halaman bisa berupa beberapa kata atau frasa.

Apakah manfaat dari meta tag deskripsi?

Meta  tag  deskripsi  penting  karena  dalam faktor penentu SEO mesin pencari  mungkin menggunakannya sebagai cuplikan untuk halaman Anda. Perlu diketahui bahwa kami mengatakan "mungkin" karena Google dapat memilih untuk menggunakan bagian yang relevan dari teks halaman Anda yang terlihat jika kecocokan dengan kueri pengguna sangat baik.

Dalam membuat deskripsi dari isi artikel Anda adalah dengan menuliskan deskripsi yang akan menginformasikan dan menarik perhatian pembaca jika mereka melihat meta tag deskripsi Anda sebagai rangkuman dalam hasil pencarian. Untuk itu  hindarilah menulis meta tag deskripsi yang tidak mempunyai hubungan dengan materi/isi artikel tersebut. Juga jangan mengisi deskripsi hanya kata kunci / keyword dan menyalin dan menempel seluruh konten ke dalam meta tag deskripsi.

Beberapa tips dalam pembuatan  meta tag deskripsi :


  • Buatlah meta tag deskripsi yang berbeda untuk setiap halaman, hal ini dapat membantu pembaca dan mesin pencari.
  • Tidak menggunakan meta tag deskripsi tunggal di semua halaman situs Anda atau di sebagian besar halaman
  • Gunakan meta tag deskripsi untuk memberikan gambaran tentang apa halaman Anda yang ditujukan kepada mesin pencari dan pembaca.
Sementara dua dulu naanti kita lanjutkan point-point berikutnya tentang  Faktor Penentu SEO atau mengenal lebih dalam tentang SEO ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *