Cara Pindah Hosting Dari Blogspot Ke Self hosting
Berawal dari sebuah komunitas group yang saya ikuti, ada salah satu member di group komunitas blogger tersebut yang terkena disable akun blogspotnya alias di gembok sama si empunya. Entah apa alasannya si empunya ini tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu tahu-tahu pas mau akses ada icon gemboknya. Sehingga di group tersebut terjadi sharing yang agak seru, […]
Berawal dari sebuah komunitas group yang saya ikuti, ada salah satu member di group komunitas blogger tersebut yang terkena disable akun blogspotnya alias di gembok sama si empunya. Entah apa alasannya si empunya ini tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu tahu-tahu pas mau akses ada icon gemboknya. Sehingga di group tersebut terjadi sharing yang agak seru, ternyata kasus tersebut bukan kejadian baru-baru ini namun ada beberapa anggota group juga yang mengalami hal yang sama dan kejadian tersebut sudah berlangsung lama kira-kira dari tahun 2008 pun katanya sudah terjadi.
Dari obrolan di group tersebut beberapa blogger senior memberikan solusi yaitu self hosting atau hosting sendiri.  Dan setelah saya fikirkan masak-masak akhirnya sayapun menyimpulkan bahwa memang betul untuk mencegah disable sepihak oleh yang punya blogspot maka kita harus punya sendiri.

Itulah nasibnya kalau numpang di blogspot, semua akses ke produk-produk goggle tertutup. Saying kan seluruh artikel yang selama ini di buat hilang sia-sia. Sehingga ada salah satu anggota di group tersebut mengumpat google gara-gara dirinyapun pernah blogspot miliknya di gembok sama google.
Kembali pada topic tulisan ini yaitu memindahkan seluruh konten blog yang ada di blogspot ke tempat kita sendiri yaitu domain milik sendiri dan hosting juga milik sendiri. Apa saja step by stepnya untuk pindah hosting dari blogger/blogspot  ke hosting sendiri/selfhosting tersebut..?
Alhamdulillah ini pengalaman saya yang ke dua untuk memindahkan blog yang ada di blogger ke blog sendiri.

Lihat juga pembahsana tentang cara custom domain blogspot.

Tahapan dalam memindahkan blogspot ke self hosting


1.Siapkan domain sendiri atau beli domain name baik .com,.id, .net, .biz,.info dan yang lainnya. Salah satu tempat yang biasa saya beli untuk membeli domain name adalah di SINI. Untuk harga domain name ini sangat variatif kisaran 100 ribu – 500 ribu. Silahkan Anda sesuakan dengan budget Anda.

2. Siapkan hosting atau beli hosting, untuk menyimpan data-data nantinya seperti artikel, gambar, template atau file-file yang berkaitan dengan blog atau website nantinya, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan Anda harganya juga varatif tergantung besar kecil ruang penyimpanan datanya, kalau hanya untuk tulisan saja saya sarankan pilih yang ruangan antara 75 MB- 100 MB sudah lebih dari cukup untuk ngeblog 1 tahun. Saya biasa beli hosting untuk local Indonesia di sini . Dan untuk hosting luar seperti USA beli di sin

3. Domain sudah siap Hosting juga sudah siap. Namun ada yang perlu diperhatikan agar prosesnya berjalan lancer maka perlu ada pengaturan pada DNS di tempat pendaftara domain kita atau mengarahkan server hosting di settingan DNS pada domain name kita ke tempat hosting kita, namun apabila Anda membeli domain dan hosting pada tempat yang sama maka langkah penyetingan DNS ini tidak perlu Anda lakukukan. Berhubung pada Pada kasus saya ini membeli domain dan hosting pada tempat yang berbeda sehingga perlu adanya pengaturan DNS tersebut. Untuk pengaturan DNS ini silahkan Anda googling saja. Sesuaikan dengan tempat hosting Anda. Biasanya domain akan live kurang lebih 1 x 24 jam setelah Anda setting DNS tersebut.

4. Setelah domain sudah bisa di akses langkah selanjutnya adalah instal Wordpres,  Silahkan Anda login di tempat hosting Anda, untuk cara instalasi wordpres silahkan cari saja di google ya.

5. Setelah wordpres terinstal selanjutnya silahkan Anda Login ke WordPress tersebut. kemudian klik pada menu Tools di samping kiri, lihat gambar di bawah ini :
 

6. Klik Import lalu klik Blogger, lihat gambar berikut :



 7. Klik Install Now :

 
hosting sendiri

8. Setelah terinstal klik Activate plugin & run Importer :

 

9. Setelah Plugin tersebut Active, sekarang Anda masuk ke blogger. kemudian pilih menu setting atau setelan lalu pilih lainnya/other, cari dan klik ekspor blog :


cara pindah hosting ke self hosting


9. Lalu klik Unduh dan simpan file tersebut, setelah di unduh tutup lagi tampilan tersebut.Kembali ke WordPress yang tadi, klik menu Tools tadi lalu klik import masukkan file yang tadi di download/unduh di blogspot dengan klik browse kemudian pilih file hasil downlod dari blogspot lalu  klik Uploud file tersebut. Silahan Anda test blog Anda dengan mengetikkan Alamat URL tersebut Apakah semua artikel sudah tampil dengan sempurna. 

10. Langkah yang terakhir adalah menghubungkan atau istilahnya redirect  antara blogspot Anda dengan domain yang baru milik Anda sendiri, sehingga ketika para pengunjung blogspot Anda mengunjungi alamat blogspot secara otomatis akan diarahkan ke alamat atau url blog yang telah terinstal wordpress tersebut. sebagai contoh silahkan Anda kunjungi Alamat blogspot berikut ini : pertanianorganik0.blogspot.com permaka secara otomatis akan mengunjungi alamat url  www.pertanian-organik.com.caranya yaitu  Instal plugin blogger to wp redirection, setelah terinstal dan aktifkan kemudian klik start, lalu get code, lalu kode tersebut Anda copy, kemudian paste kan di Template blogspot Anda, dengan cara carilah menu template lalu klik edit HTML kemudian hapus semua isinya setelah kososng paste kan kode yang dapat copy di Wordpres tersebut, setelah itu klik save template. silahkan Anda Test url blogspot Anda. 

Demikian lah uraian singkat tentang Cara Pindah Hosting Dari Blogspot Ke Selfhosting, mudah-mudahan bermanfaat.

10 thoughts on “Cara Pindah Hosting Dari Blogspot Ke Self hosting

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *