Cara membuat artikel yang Profitable dengan Analisa Keyword Pesaing
Cara membuat artikel yang Profitable , ini topik saya kali ini. Artikel atau konten dalam sebuah blog ibarat umpan untuk mendapatkan ikan.  Untuk itu umpan ini juga perlu dan sangat di perhatikan agar mendapatkan ikan sesuai dengan yang kita inginkan. Dan kalau saya perhatikan bahwa untuk mendapatkan target ikan yang besar kita juga harus menyesuaikan dengan […]
Cara membuat artikel yang Profitable , ini topik saya kali ini. Artikel atau konten dalam sebuah blog ibarat umpan untuk mendapatkan ikan.  Untuk itu umpan ini juga perlu dan sangat di perhatikan agar mendapatkan ikan sesuai dengan yang kita inginkan. Dan kalau saya perhatikan bahwa untuk mendapatkan target ikan yang besar kita juga harus menyesuaikan dengan pancing dan umpannya.

Baiklah saya tidak akan membahas lebih jauh tentang umpan ikan dan pancing,  silahkan Anda tanyakan sendiri pada orang yang hoby memancaing. Kali ini saya akan membahas tentang seberapa penting artikel untuk mendapatkan uang.

Orang ke internet bertujuan untuk mancari solusi terhadap masalah yang ia hadapi, ketika orang tersebut menemukan informasi yang ia dapatkan dan merasa puas maka orang tersebut akan merasa menyampaikan kepada yang lain.

Sebagaimana saya menyarankan kepada Anda ketika saya mencari software gratis untuk laptop saya dan saya mencari di  internet kemudian saya menemkan solusinya maka saya suka membaeri tahu kepada teman-teman saya, jika Anda membutuhkan software gratis,  aplikasi gratis untuk smartphone android atau driver untuk laptop, Anda dapat kunjungi sofwaregratis.com. seperti itulah kira-kira.

Untuk itu pada kesempatan ini saya akan sampaikan kepada Anda bagaimana caranya membuat artikel yang memiliki potensi luar bisa untuk mendatangkan terus menerus uang kepada Anda atau artikel yang profitable.

Cara membuat artikel yang profitable

Bidik Kata kunci yang bernilai CPC (Cost per Click) tinggi dalam dunia Bisnis Online adalah HPK (hight paying Keyword) atau kata kunci mahal. Pada kesempatan ini saya tidak akan membahas tentang HPK namun lebih kepada hal teknis agar Artikel kita dapat memenangkan persaingan dengan artikel yang membidik  kata kunci  yang sama agar muncul di halaman 1 mesin pencari.  Karena dari pengalaman saya sendiri pernah membidik HPK namun hasilnya tidak sesuai yang diinginkan dan setelah saya analisa adalah :

“Bagaimana agar artikel yang telah kita buat ini muncul di mesin pencarian seperti google, bing dan yahoo.”  Jadi waktu itu saya sudah mencoba menggunkan keyword dengan CPC tinggi namun artikel saya tidak meuncul di mesin pencari maka tetap saja penghasilan atau earning harian saya masih di bahah 1 dollar padahal kalau dari informasi atau data dari google sendiri nilai CPCnya bisa bernilah diatas 5 – 10 dollar per kliknya.

Lihat Artkel sebelumnya tentang setting blog spot agar muncul di mesin pencari.

Inilah rahasia Artikel Anda muncul di halaman 1 mesin pencari atau Search Engine. Silahkan Anda catat syarat-syaratnya :

  1. Punya akun google untuk riset keyword (google keyword planner).
  2. Pilih kata kunci yang memiliki rata-rata 3000 – 5000 per bulan dan stabil tidak naik turun.

 Untuk mengetahui kata kunci beserta jumlah pencarian dalam tiap bulannya  silahkan Anda    gunakan  google keyword panner gratis kok, lihat caranya di sini.

3.Kata kunci yang di terget minimal 2 suku kata
4.Kata kunci yang di target ketika di pencarian google TIDAK  ada :

  • Website Autority contoh wikipedia.org, 
  • Brand Keyword contoh samsung.com, 
  • Exact match Domain misalnya mau kata kunci bidik bakso malang maka baksomalang.com/org/info  
  • Top Ecommerce contoh Lazada.co.id. 
5.Pasang SEO add on dari MOZ di google Chrome, silahkan kunjungi http://moz.com/tools/seo- toolbar, silahakan register di MOZ.com, setelah register silahkan login.

6.Silahkan ketikkan kata kunci yang Anda bidik di pencarian kemuadian Anda Export hasilnya ke csv dan silahkan Anda buka melalui Excel

Mari kita coba untuk mempraktekkannya :

  1. Mencari kata kunci yang minimal jumlah pencarian 3000- 5000 perbulan  dengan google keyword planner. 
  2. Saya anggap Anda sudah bisa dalam menggunakan google keyword lanner. Pada kasus ini saya mau mencoba membidik kata kunci : “pakar seo”.
  3. Ketikkan kata kunci tersebut di google chrome, hasilnya adalah :





Klik yang saya bundari warna merah tersebut, kamudian Anda lihat file downloadnya dalam bentuk excel dan hasilnya adalah :






Setelah Anda lihat hasilnya di Excel tersebut silahkan Anda amati hal-hal berikut :

Meta Title.
Apakah keyword target terdapat di title kompetitor?
Hasil analisa :
Ada 8 yang sama persis mengandung kata kunci dan 1 tidak

Keyword in URL.
Apakah keyword target terdapat di URL competitor?
Hasil analisa :
Hanya ada 1 url yang mengandung keyword target.

Page Total Links.
Ada berapa banyak total backlinks yang menuju ke URL tersebut? (Jika yang muncul di Top 10 adalah URL artikel maka yang diperhatikan ada backlinks yang mengarah ke URL artikel, bukan URL domain)
hasil analisa :
Ada 3 URL yang < 10 backlinks, 1 URL dengan 3070 backlinks, dan 1 URL dengan 2108 backlinks.
Ada 5 URL yang >100 backlinks

Domain Authority dan Page Authority.
Apakah PA di Top 10 competitor anda kebanyakan > 30?
hasil analisa :
50:50
Apakah banyak root domain (homepage) di Top 10?
hasil analisa :
hanya ada 1

Semakin banyak root domain (homepage) di Top 10 tentu menunjukkan kompetisi keyword target anda semakin berat.

Tipe URL / situs yang lemah.
hasil analisa :
ada 1 url lemah yaitu video youtube yang mengandung kata kunci target. yang menjadi peluang untuk kita geser.

Dari hasil analisa keyword tersebut adalah sebagai berikut :
Keyword: pakar seo
CPC: 183.67 IDR
Local Search: 3,600/month


Hasil Analisa keyword "Pakar SEO" adalah :
Keyword ini masih potensial untuk di optimasi karena memiliki pencarian 3,600/month, terdapat 1 URL lemah  dan 3 url yang memiliki baclink di bawah 10, sehingga kata kunci "pakar seo" ini masih memiliki peluang untuk nongkrong di page 1 google.

Selanjutnya silahkan Anda membuat Artikel tersebut. adapun ketentuan dalam membuat artikel yang seo freindly dapat Anda baca lagi pada artikel saya sebelumnya yaitu : Cara membuat artikel yang SEO friendly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *