Cara custom domain blogspot
Cara custom domain blogspot untuk bisnis Online Anda. mengapa ini perlu Anda lakukan..?...Yah betul sekali Cutom domain perlu sekali Anda lakukan karena dengan menggunakan domain sendiri maka profesionalitas Anda akan semakin terlihat dan kepercayaan konsumen pun Akan semakin meningkat. lantas apa itu Costom domain?Costom domain blogspot adalah domain name blogspot di ganti dengan menggunakan domain […]
Cara custom domain blogspot untuk bisnis Online Anda. mengapa ini perlu Anda lakukan..?...
Yah betul sekali Cutom domain perlu sekali Anda lakukan karena dengan menggunakan domain sendiri maka profesionalitas Anda akan semakin terlihat dan kepercayaan konsumen pun Akan semakin meningkat. lantas apa itu Costom domain?

Costom domain blogspot adalah domain name blogspot di ganti dengan menggunakan domain sendiri misalnya bisnisonline.blogspot.co.id di ganti dengan domain yang anda beli sendiri yaitu bisnisonline.com,  bisnisonline.net, bisnisonline.org, bisnisonline.info dan lainnya.

Apa saja yang perlu di siapkan dalam melakukan  custom domain blogspot / pengantian domain tersebut ?

Pertama adalah siapkan Domian Anda, silahkan Anda beli domain di layanan domain register. pada study kasus saya ini adalah saya membeli domain name di masterweb.net silahkan Anda beli domain name terlebih dahulu terserah Anda.

Kedua adalah membeli layanan Hosting, pada kasus saya ini saya membeli layanan hosting di hawkhost.com , silahkan Anda persiapkan hosting Anda.

Ok. lanjut...

Setelah Anda memiliki  domain name dan hosting Anda selanjutnya adalah setting terlebih dahulu pada blogspot Anda. langkah-langkahnya adlah sebagai berikut :

Silahkan Anda masuk pada blogspot.co.id

1. Klik Pada blogspot Anda lalu pilih menu Setting Basic atau pengaturan dasar silahkan klik pada kalimat berikut :  Setup a 3rd party URL for your blog , lihat gambar berikut ini :

Cara custom domain blogspot



2. Masukkan domain yang telah Anda beli tersebut pada kolom yang telah tersedia. liaht gambar berikut ini :

setting custom domain blogspot


3. Selanjutnya Anda akan mendapatkan kode uniq dari blogspot silahkan Anda copy terlebih dahlu di note pad, kode tersebut yang nantinya di masukkan pada settingan DNS di tempat hosting Anda.

4. Ubah dulu Name Server di tempat regsiter /tempat beli  domain menuju tempat hosting pada kasus ini saya beli domain di masterweb dan hosting howkshost sehingga saya masukkan name server sebegai berikut :

Name server Hawkshost


5. Tambahkan kode-kode berikut ini pada DNS  akun hosting yaitu Anda, pada kasus ini pada akun Hawkshost lihat contoh berikut : 

Setting dns Hawkshost

Klik pada Advanced Zone Editor kemudian masukkan : 

- 4 A record berikut :

    Name : domainanda.com
    Type: A
    Address: 216.239.32.21

    Name : domainanda.com
    Type: A
    Address: 216.239.34.21

    Name : domainanda.com
    Type: A
    Address: 216.239.36.21

    Name : domainanda.com
    Type: A
    Address: 216.239.38.21

- 2 CNAME record berikut :

    Hostname: www.domainanda.com
    Type: CNAME
    Address: ghs.google.com

    Hostname: HOST_UNIK_DARI_GOOGLE yang di dapat dari blogspot pada point 3
    Type: CNAME
    Address: record unik dari google yang di dapat dari blogspot pada point 3

Lihat Contoh berikut ini :

Setting DNS pada hosting howkshost
Demikianlah Cara custom domain blogspot yang saya lakukan, dari pengalaman saya sendiri ketika melakukan setting dengan langkah-langkah tersebut di atas berhasil. namun perlu di ingat bahwa perubahan tersebut dari namadomain.blogspot ke domain sendiri terjadi memakan waktu keurang lebih 12 jam.  Selamat Mencoba mudah-mudahan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *