Software untuk mempartisi harddisk untuk Windows
Software untuk mempartisi harddisk untuk Windows yang kami maksudkan adalah software partisi harddisk untuk operating sistem windows baik windows XP, Windows 7, Windows 8 dan seterusnya.Apa sih yang dimaksud mempartisi harddisk itu ?Maksud dari mempartisi harddisk adalah membagi ruang penyimpanan harddisk. hardisk memiliki ruang penyimpanan yang berbeda-beda, sehingga apabila hardisk tersebut besar sebaiknya Anda partisi […]
Software untuk mempartisi harddisk untuk Windows yang kami maksudkan adalah software partisi harddisk untuk operating sistem windows baik windows XP, Windows 7, Windows 8 dan seterusnya.

Apa sih yang dimaksud mempartisi harddisk itu ?

Maksud dari mempartisi harddisk adalah membagi ruang penyimpanan harddisk. hardisk memiliki ruang penyimpanan yang berbeda-beda, sehingga apabila hardisk tersebut besar sebaiknya Anda partisi hard disk tersebut, agar apabila terjadi kerusakan pada sistem komputer tidak akan menghilangkan data yang kita miliki.

Software untuk mempartisi harddisk untuk Windows
Pada saat sekarang harddisk  sudah otomatis terpartisi sehingga Anda tinggal mengisi software lainnya saja dan disesuaikan dengan sistem operasi yang akan digunakan.. Sebuah komputer yang menginstal lebih dari satu sistem operaai biasanya mempunyai beberapa partisi. Keuntungan dari partisi yang lebih dari satu antara lain dapat meminimalisir keruwetan pada sistem operasi, data dapat dibuat lebih aman, penggunaan ruang hasrddisk yang efisien, memudahkan back up data dan pencarian file.

Kami akan membagikan software untuk mempartisi harddisk untuk Windows, karena memang sistem operasi windows sangat populer sehingga banyak pula developer yang membuat software partisi hardisk ini. disamping itu mempartisi hardisk hardisk juga merupakan rangkaian langkah yang biasa dilakukan dalam proses instalasi sebuah komputer namun tidak selalu begitu. Anda pun dapat melakukan partisi disk dalam kondisi sistem operasi komputer sudah berjalan. Selain memudahkan manajemen data, pembagian partisi komputer memberikan keleluasaan kepada Anda untuk memberikan porsi lebih ke disk tertentu.

Software partisi harddisk

Software-sofware yang dapat digunakan untuk mempartisi harddisk yaitu sebagai berikut :

#1.Ranish Partition Manager

Keuntungan memakai ranish partition manager yaitu :
– Mudah dipakai
– Dapat membuat berbagai jenis partisi (FAT16, FAT32, NTFS, BEOS, LINUX, dll).
– Dapat membuat 2 buah (lebih) partisi primary.
– Dapat membuat lebih dari 2 partisi dalam 1 harddisk.

Cara penggunaannya adalah sebagai berikut :

  • Pilih bagian yang tertulis unesed pada urutan pertama, kemudian tekan enter. 
  • Kemudian pilih jenis yang akan dipakai, dan tentukan berapa besar partisi akan dibuat (kalau mau membuat 2 partisi), atau langsung tekan ENTER bila ingin memakai seluruh ruang untuk 1 partisi . 
  • Selanjutnya pilih save now untuk menyimpan proses yang sudah dibuat tadi.
  • Setelah itu pilih format now agar partisi yang telah dibuat tadi langsung diformat.
  • Setelah itu pilih format untuk memformat harddisk secara normal, atau quick format untuk format harddisk dengan cepat tanpa memeriksa apakah harddisk masih baik atau tidak.
  • Setelah terbentuk partisi baru dan sudah diformat, maka kira harus mengaktifkan salah satu partisi untuk dijadikan system booting (biasanya yang terbesar), apabila tidak kita aktifkan maka harddisk nanti sewaktu kita install system operasi tidak mau booting. 
  • Tekan tombol B untuk mengaktifkan partisi system booting (boot flag). 
  • Setelah selesai, tekan ESC, kemudian pilih Save MBR
  • Setelah kembali ke DOS, restart kembal komputer.
  • Harddisk siap untuk diinstal Sistem Operasi.



#2. MiniTool Partition Wizard

MiniTool juga memiliki serangkaian tool guna menunjang proses partisi disk. Hebatnya aplikasi ini bisa digunakan baik untuk internal maupun eksternal disk. Paling tidak ada 20 menu yang dapat Anda pergunakan untuk mengatur partisi, tes atau yang lain. Pengguna Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8 bisa langsung download dan menjajal performa aplikasi ini.



#3. EaseUS Partition Manager

EaseUS menawarkan banyak tool powerful, tidak hanya memiliki kemampuan melakukan partisi, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mem-backup dan recovery data. Itu sebabnya EaseUS disebut sebagai All in One Partition Manager karena mempunyai 3 tool dalam 1 software.

Jika Anda butuh tool tambahan, Anda bisa melakukan upgrade software ke versi pro. Saya sudah pernah coba di Windows 7 dan berjalan dengan sangat baik, namun pastinya dapat berjalan tanpa halaman juga di sistem operasi Windows 2000, Windows XP, Windows Vista dan Windows 8.
http://www.partition-tool.com/landing/home-download.htm





#4. Paragon Partition Manager

Paragon Partition Manager memiliki tampilan yang serupa dengan Start Menu-nya Windows 8, tapi jangan ambil kesimpulan dulu ya, karena aplikasi ini sangat mudah digunakan. Anda bisa merubah alokasi partisi secara manual, tapi jika merasa ragu dengan kalkulasi dan kebutuhan komputer Anda bisa menggunakan fitur bernama Automatic partition alignment yang akan menentukan partisi yang paling tepat untuk perangkat Anda.

Download software untuk mempartisi harddsik- Paragon Partition Manager

#5.AOMEI Partition Assistant




Demikianlah beberapa Software untuk mempartisi harddisk untuk Windows , mudah-mudahan dapat membantu Anda dalam memanage ruang hardisk Anda.

2 thoughts on “Software untuk mempartisi harddisk untuk Windows

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *