Penghasilan online dari CPA
Doc.petaniblogger.comSebagian para pemburu dollar melalui internet sudah pada mengenal tentang bisnis CPA ini. Apa sih sebenarnya bisnis CPA ini ?CPA atau Cost Per Acquisition, merupakan program marketing, dimana anda menjadi “agen” yang menghubungkan sebuah perusahaan dengan calon konsumen, disini anda melakukan penawaran kepada calon konsumen untuk membeli produk/jasa dari perusahaan tersebut. Penawaran tersebut bisa dalam […]
bisnis cpa youtube
Doc.petaniblogger.com
Sebagian para pemburu dollar melalui internet sudah pada mengenal tentang bisnis CPA ini. Apa sih sebenarnya bisnis CPA ini ?

CPA atau Cost Per Acquisition, merupakan program marketing, dimana anda menjadi “agen” yang menghubungkan sebuah perusahaan dengan calon konsumen, disini anda melakukan penawaran kepada calon konsumen untuk membeli produk/jasa dari perusahaan tersebut. Penawaran tersebut bisa dalam bentuk kopun diskon, kupon belanja, atau hadiah gratis, kepada siapapun yang melakukan pendaftaran dengan menggunakan alamat email mereka, ataupun yang menggunakan masa percobaan penggunaan suatu produk/jasa. Nah perusahaan akan membayar anda untuk setiap orang yang anda referensikan untuk mencoba beragam penawaran tersebut.

 Bayangkan saja hanya menyuruh orang lain untuk mengisi alamat email atau zipkode atau mencoba produk secara GRATIS atau mendownload software GRATIS,Anda akan mendapatkan komisi antara $0,25 – $80 per Actionnya bahkan lebih,tergantung seberapa banyak tindakan yang di minta, menurut Saya ini lebih mudah dari pada menyuruh orang lain untuk membeli suatu produk.Khusus di indonesia, CPA ini belum ada yang benar-benar ahli (sepengetahuan saya),silahkan cek saja di google berapa banyak orang Indonesia yang menjual panduan tentang CPA, Saya yakin hanya sedikit bahkan mungkin tidak ada. Bukan karena mereka tidak ingin, melainkan mereka hanya tahu bahwa mendaftar di perusahaan CPA tidaklah mudah karena di butuhkan interview langsung melalui telepon yang tentunya dalam bahasa inggris. Dan itu memang benar, kebanyakan perusahaan CPA mengharuskan Anda interview jika ingin di terima sebagai affiliatenya.

Namun jangan berkecil hati dulu sebelum Anda mencobanya dan kalau Anda sungguh-sungguh Andapun akan menemukannya, seperti saya ini saya sedang menulusi tentang  penghasilan online dari CPA ini, namun karena saya sendiri baru jadi untuk postingan kali ini belum saya bagikan tentang cara sederhana atau cara ampuh agar dollar-dollar dari CPA ini bener-benar saya terima.

Berikut saya kutipkan dari salah satu master tentang CPA yang sudah saya edit di forum yang sudah tidak asing lagi bagi para pencari dollar di internet :

Apa itu CPA ?
CPA kependekan dari Cost Per Action. Bahasa gaulnya, loe dapat $$$ ketika visitor melakukan action. Actionnya bisa berupa: masukin email/kodepos , daftar ke situs target, download aplikasi, join facebook app dll. Besar jumlah $$$ yg kita dapat tergantung tingkat kesulitan dari actionnya. Nilai $$ per-action berkisar dari 0.5$ - 50$an , serius!

Komponen dalam bisnis CPA :

- The CPA Network 

Network adalah organisasi yang menjembatani antara Advertiser dan Publisher (kita). Advertiser adalah pihak yg membutuhkan action. Dia yg akan membayar kita lewat Network (setelah dipotong komisi oleh Network tentunya hehe).

- CPA Offer
atau bahasa gaulnya: penawaran. Ini yg tadi Network tawarkan ke publisher. Dalam contoh chat diatas , offer-nya adalah "daftar situs game online".

Didalam sebuah offer ada requirement2 yg harus kita cermati sebelum mempromosikan. Requirementnya jg macam2 : target negara, umur minimal, jenis trafik yg boleh masuk dsb. Hati2, tidak menuruti requirement ini..resiko tidak dibayar atau banned !

CPA Offer secara umum ada 2 tipe: Non-Incentivized dan Incentivized. Yg paling dominan adalah Non-Incentivized, artinya visitor ga dapat semacam 'reward' setelah action. Kebalikannya, Incentivized offer adalah visitor dapat reward setelah action. Rewardnya terserah kita , biasanya sih -> download game crack, ebook cheat game, nonton film online dsb.

- Advertiser 
Perusahaan yg bersedia membayar utk setiap action yg dicapai

- Publisher/Affiliate
 ini kita say ! premium jobless, professional unemployment atau apalah

- Affiliate Manager (AM) 
ini karyawan Network yg tugasnya membantu kita (publisher) utk menghasilkan duit. Wajar lah, kita untung besar dia juga untung kan hehe (ingat faktor komisi tadi). Jadi, dia akan share tips/trik biar kita makin joss ! mangkanya hubungan baik dengan AM ini penting .. diajak ngobrol lho itu AM kalian masing2
Selain tips/trik, juga bisa utk: * tanya2 ttg requirement offer * payout bump : nah ini penting.. kalau trafik dari kalian MAKNYOS, kalian bisa minta 'naik gaji' ke AM. Misal contoh offer diatas, kalian bisa nego ..payout naik jadi $1.7/member .. sip kan

- Trafik
Trafik ya trafik.. Untuk bisnis CPA, tidak semua trafik diperbolehkan. Itu tergantung requirement masing2 advertiser. Tapi secara umum, semua trafik OK asal tidak SPAMMING. Tau kan spamming ? misalnya: broadcast di facebook, craiglist, email di spamming. Tau sendiri kan negara bule itu riweuh kalau masalah SPAM, jadi CPA Network juga jaga2 bisnisnya lah.
Secara umum , jenis trafik ada dua : Trafik GRATIS dan Trafik hasil BELI (Paid Traffic). Masing2 punya kelebihan + kekurangan dong.

Trafik GRATIS : enaknya ya gratis lah.. cuma biasanya butuh perjuangan. Misal trafik dalam kategori ini: SEO (oh yesss !!), Youtube trafik, Forum posting dsb. Kelemahannya kita ga bisa memfilter trafik yg masuk. Misal contoh offer diatas yg membutuhkan umur minimal 18th.

Trafik BELI (paid traffic) : harus punya modal buat beli trafik say! Tapi enaknya, kita bisa mendatangkan trafik dengan cepat dan tertarget pula (misal: bisa pilih negara dan target umur minimum). Ada buanyak sekali penjual trafik, nih bbrp yg terkenal : Adword (pernah dengar ga? hehe) , Facebook Ads, AdCenter, PlentyOfFish, MochiMedia, Traffic Vance, SiteScout, AdBucks, Exoclick ... nah nah , makin kebelakang makin ga pernah dengar ya? wkwkwk.. itulah, msh banyak misteri sumber trafik yg harus dipelajari. Tipe paid traffic diantaranya: PPC (Adword,FB ads), CPM (FB ads,mochi, Media Buying), PPV (pay per view mis: Traffic Vance)

Paid Traffic ini panjang sekali topiknya , susah kalau diungkap di post ini. Tar makin bingung .. Singkat kata, paid traffic ini senjata utama kalau mau serius di CPA. 1000$/day udah ga heran kalau pakai trafik jenis ini.

Langkah Memulai Bisnis CPA  :

1. Join sebuah CPA Network
Ada banyak CPA Network dengan masing2 spesialisasinya. Bbrp yg terkenal : EWA Network (pasti pernah dengar lah ya), Neverblue , AdSimilis , Peerfly , CPAWay dsb. Sebelum join, lihat-lihat dulu offer yg mereka tawarkan di hxxp://www._offervault.com . Di situs itu kalian bisa browsing macam2 network beserta offernya. Cek payout masing-masing offer.. beda network bisa beda payout lho, meski offernya sama.
Join network itu sebenarnya gampang .. asal kalian pny modal. Prinsipnya, Network itu suka sama publisher yg giat, agresive dan punya plan yg jelas. Jangan ujug2 masuk..tolah toleh, ga ngerti ini itu. AM-nya malah sibuk ngajarin publisher2 baru hehehe. Kalau kalian agresive dan serius, masalah di hubungi byphone dan wawancara pake bahasa bule itu harusnya no problem kan ??? hehehe serius nih .. Jelaskan plan kalian dengan jelas utk menghasilkan uang dengan mereka. Kalau mau ampuh, yakinkan mereka bahwa kalian akan menggunakan paid trafik utk promosi CPA offer. Dan mampu !

Atau kalau msh malu2 hehehe , cari info network yg tidak butuh wawancara by phone .. misalnya Peerfly, CPAWay (?) dll.

2. Pilih CPA Offer yg mau dipromosikan 

Tanya AM kalian dulu aja.. "eh om AM , offer mana yg lagi hot neh..tip and triknya apa ?" Kalau AM kalian bageur , dia akan kasih info lengkapnya. Ngobrol deh tuh strategi paling jos.. trafik apa yg paling menguntungkan , banner kyk apa, negara mana dst atau kalau malu nanya, disesuaikan dengan trafik blog ( kalau pny blog ).. kira offer2 apa yg paling cucok. untuk newbie, ane sarankan utk promote offer freebies aja kayak Free iPad, Free iPhone, dan free-free lainnya. Siapa sih yg ga suka gratisan

3. Trafik masuk ! 

Mulai giring trafik ke landing page CPA. Silahkan mau pakai trafik jenis apapun (paid atau free). Yg jelas trafiknya tidak melanggar requirement dari sebuah offer.

4. Optimalisasi / Testing
Setelah trafik masuk, berharaplah terjadi konversi (ada action dr visitor=$$). Optimalisasi/testing ini bagian penting dalam berbisnis CPA. Banyak sekali parameter2 yg mempengaruhi terjadinya konversi. Banyak sekali .. misal nih ya :
  • CPA offer-nya menarik ga? 
  • Target visitornya kira2 suka dengan offernya ? 
  • Apakah copyad (text iklan) / bannernya sudah ok? 
  • Apakah landing page-nya sudah menarik utk action 
  • Jam brp offer dipromosikan ? misal: ngapain promosiin CPA dating pas orang lg di kantor (08AM - 17PM) 
  • Promosinya pas weekend atau hari kerja? 
  • Action yg diharapkan ribet ga? 
Banyak faktornya ? Testing dan Testing..itu udah mantra para CPA marketer yg sejati. Cari kombinasi iklan , trafik, jam terbaik utk promosikan sebuah offer. Buat yg bermain paid traffik penting mengetahui kombinasi terbaik biar untungnya berlipat. Kita keluar duit sekian , ya harus untung sekian++ ..ya ga?

Ok mungkin untuk saat ini baru saya gambarkan seperti itu terlebih dahulu, nanti akan saya  ceritakan lebih panjang tentang Penghasilan online dari CPA, setelah saya membuktikan sendiri.

8 thoughts on “Penghasilan online dari CPA

  1. Dear,

    Perkenalkan nama saya Yeshica representatif network CPI (Cost per Install) dari Jerman. Saya sekarang sedang mencari tahu tentang kondisi market di Indonesia dan tentang marketer/player di Indonesia karena berhubung kami sedang survei market untuk expansi bisnis kami. Jadi saya mau minta tolong apa anda bisa bantu pertanyaan-pertanyaan saya tentang internet publisher di Indo. Kalau minat tolong contact saya di yeshica.indra@sharepop.com atau WA +821051915194
    Terimakasih

  2. Terima Kasih Mas Achamad Salam kenal kembali…..
    terus terang Mas…saat ini saya sudah ga fokus lagi ke affiliate network walaupun akun saya masih ada di peerfly.com dan masih ada saldo disana. dan saya juga belum pernah daftar di Ad-Center. Terima kasih
    sekali lagi mohon maaf…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *