Pemicu Buah Organik
Untuk petani Indonesia, salah satu manfaat pertanian organik adalah aman di konsumsi atau produk makanan yang dihasilkan adalah tidak ada pestisida atau kandungan racun pada buah-buahan atau sayur-sayuran yang dihasilkan dari pertanian organik.Pada kesempatan ini saya bagikan sebuah tips untuk merangsang perkembangan buah pada tanaman sayuran, namun resep ini dilakukan untuk aplikasi pada tanaman padi, […]
Untuk petani Indonesia, salah satu manfaat pertanian organik adalah aman di konsumsi atau produk makanan yang dihasilkan adalah tidak ada pestisida atau kandungan racun pada buah-buahan atau sayur-sayuran yang dihasilkan dari pertanian organik.

Pada kesempatan ini saya bagikan sebuah tips untuk merangsang perkembangan buah pada tanaman sayuran, namun resep ini dilakukan untuk aplikasi pada tanaman padi, hal ini kami dapati dari pengalaman petani organik dari boyolali dan dari pengalaman beliau katanya rasa berasnya lebih pulen.
berikut bahan-bahan untuk membuat pemicu atau perangsang buah tanaman padi :


1. 1 liter air kelapa
2. 5 sendok makan madu
3. 5 sendok makan gula pasir
4. 1 kaleng susu kental manis
5. kuning telur 7 butir
6. 5 liter air matang yang telah dingin

Cara pembuatannya :  semua bahan-bahan di aduk jadi satu dalam satu tempat misalnya dalam satu ember, kemudian di tutup rapat, biarkan dalam 1 minggu. dan siap untuk digunakan yaitu disemprotkan.

Penggunaanya :  campurkan 250 cc ( aqua gelas) ke dalam tangi penyemprotan 14 liter dan semprotkan pada tanaman padi umur 55 sampai 75 hari setelah tanam.





Demikian tips atau menu utuk petani organik , semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *