TOT Sekolah Lapangan di Indramayu
Pada kesempatan ini saya akan menginformasikan pada para petani Indonesia tentang kegiatan penulis yaitu tentang seputar pertanian organik.Alhamdulillah, saya dapat kesempatan untuk mendapatkan Pelatihan Training Of Trainer, pelatihan untuk pelatih demikian kira-kira. kenapa ada pelatihan bagi pelatih..?untuk apa ada pelatihan ini ?pelatihan ini ditujukan untuk melatih, mendidik, memberitahukan atau menjadikan calon-calon pelatih untuk meneruskan memandu […]
Pada kesempatan ini saya akan menginformasikan pada para petani Indonesia tentang kegiatan penulis yaitu tentang seputar pertanian organik.
Alhamdulillah, saya dapat kesempatan untuk mendapatkan Pelatihan Training Of Trainer, pelatihan untuk pelatih demikian kira-kira. kenapa ada pelatihan bagi pelatih..?
untuk apa ada pelatihan ini ?
pelatihan ini ditujukan untuk melatih, mendidik, memberitahukan atau menjadikan calon-calon pelatih untuk meneruskan memandu di kelompoknya masing-masing.

Jadi begini, pelatihan ini diadakan untuk melatih calon pemandu untuk di kelmpoknya masing-masing, pada kesempatan ini Kabupaten Indramayu merupakan kabupaten yang terpilih untuk program save dan grow dari FIELD.dan pelatihan ini di adakan di desa saya yaitu desa Sukawera Kecamatan Kertasemaya Indramayu.
Pada program ini peserta yang diundang adalah desa lemah ayu, desa tulung agung, desa wanguk, desa cantigi dan desa sukawera. program ini bertujuan untuk atau agar dalam pertanian kedepan lebih hemat biaya lebih murah dan ramah lingkungan.

Acara ini berlangsung dari tanggal 21 November sampai 26 November 2013 dan hari ini adalah hari yang kettiga dari seleuruh rangkaian acara pelatihan tersebut. dari 2 hari yang telah lewat tersebut beberapa hal yang saya terima adalah sebagai berikut :
1. Kegiatan ini atau pelatihan ini  diadakan oleh suatu lembaga yang peduli terhadap Petani yaitu FIELD
2. Kegiatan ini bertujuan untuk melahirkan para petani yang dapat menghasilkan atau meningkatkan produksi tinggi, hemat dalam biaya produksi dan ramah lingkungan.
3. Materi yang telah diperoleh adalah bagaimana menjadikan peserta training ini, seorang pemandu di kelompoknya masing-masing  tentang tujuan tadi, bukan seorang orang atau penyuluh.
4. Pengenalan lingkungan atau objek yang akan dialkukan pengkasjian. dalam hal ini adalah lokasi untuk atau yang dikaji adalah tanaman padi, sehingga semua komponen atau semua unsur yang ada dilakukan pengkajian yaitu ladang sawah, tegalan, irigasi dan pekarangan.

Itu kira-kira selama dua hari ini yang telah kami peroleh informasinya. kiranya hal ini menjadikan informasi bagi para petani indonesia agar dalam pertanian atau bercocok tanam itu kita dapat meningkatkan produksi atau dapat berproduksi tinggi , hemat atau irit dalam biaya dan ramah terhadap lingkungan sekitarnya, baik lahan, ekosistem yang ada dan manusia itui sendiri.
sekian dulu semoga bermanfaat.




One thought on “TOT Sekolah Lapangan di Indramayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *