Teknik Penyilangan Tanaman Padi
Saya akan berbagai dengan Anda para petani Indonesia yang ingin belajar tentang teknik penyilangan tanaman padi. Meskipun saya sendiri baru praktek namun setidaknya saya punya gambaran tentang tahapan-tahapan dalam penyilangan tanaman padi. sekaligus mengingatkan saya pada materi yang telah saya dapatkan dari pelatihan pemuliaan tanaman pangan ini. Dalam teknik penyilangan tanaman padi yang paling pokok […]
Saya akan berbagai dengan Anda para petani Indonesia yang ingin belajar tentang teknik penyilangan tanaman padi. Meskipun saya sendiri baru praktek namun setidaknya saya punya gambaran tentang tahapan-tahapan dalam penyilangan tanaman padi. sekaligus mengingatkan saya pada materi yang telah saya dapatkan dari pelatihan pemuliaan tanaman pangan ini.

Dalam teknik penyilangan tanaman padi yang paling pokok adalah tujuan dari penyilangan tersebut..?, apa tujuan dari penyilangan tanaman padi tersebut. Apa hanya sekedar iseng atau ingin mendapatkan bibit unggul baru atau yang lainnya?, dalam kenyataanya tidak sedikit petani kita khususnya petani padi yang tidak mau repot-repot untuk melakukan penyilangan atau membuat benih sendiri, karena di toko juga banyak benih padi. ngapain repot-repot bikin benih padi sendiri.

Baiklah langsung saja kita memulai pembahasan tentang teknik penyilangan tanaman padi, yaitu :

Tahap persiapan :
Siapkan alat-alat sebagai berikut : Gunting, Tusuk gigi, Gelas, Solasi , lakban, Kertas minyak

Tahapan dalam teknik penyilangan tanaman padi adalah sebagai berikut :

  1. Pengkebiran atau penghilangan bunga jantan pada padi yang akan di jadikan indukan misalnya varietasnya adalah ciherang, penghilangan bunga jantan ini dilakuakn pada waktu sore hari yaitu antara jam 14.00 – 17.00. jumlah butir yang di kebiri antara 20 – 25 saja per malai. 
  2. Penyerbukan atau proses perkawinan yaitu pemasukkan bunga jantan ke calon indukan yang telah di kebiri tersebut. Misalnya jenis padi yang dijadikan jantannya adalah varietas inpari 10 waktunya adalah pagi hari saat bunga padi membuka yaitu antar jam 9.00 – hingga jam 12.00 siang. 
  3. Setelah diperkirakan cukup serbuknya pada masuk di indukan tersebut kemudian di tutup dengan kertas minyak yang diberi keterangan waktu penyilangan , penyilangan antara varietas apa dengan apa ?, tempat penyilangan, dan orang yang menyilangkannya. Lalu agar malai yang telah di buahi tersebut di tutup dengan kertas minyak yang dibentuk seperti amplop kecil. 
  4. Setelah lima hari coba Anda buka dan perhatikan berapa butir padi yang jadi, biasanya akan terlihat bentuk berasnya. Setelah terlihat jumlah nya Anda catat untuk pendokumentasian. Biarkan sampai waktu panen tiba. 

Kira-kira seprti itu hasil dari pelatihan tentang teknik penyilangan tanaman padi tersebut selama dua hari dari 6 hari yang disediakan.

Teknik penyilangan tanaman padi ini secara teori memang sederhana, namun setelah dipraktekkan ternyata dibutuhkan kesabaran, ketelitian dan kehati-hatian , karena kalau tidak dilekukan dengan hal-haltersebut maka apa yang telah kita lakuakn hasilnya bisa jadi gagl, alias tidak akan mendapatkan jenis varietas padi yang kita inginkan. Mungkin itu saja yangdapt saya uraikan selngkapnya insya Alloh pada kesempatan yang lain saya akan membuatkan videonya.



Wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *