Pelatihan TOT sekolah lapangan save and grow
Pelatihan TOT sekolah lapangan save and grow telah selesai selama 6 hari di desa Sukawera Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu. kegiatan ini telah membukakan pemikiran kepada peserta pelatihan akan pentingnya sistem pertanian yang berkelanjutan, pertanian yang ramah lingkungan, pertanian yang arif, pertanian yang mendayagunakan potensi alam sekitar sehingga petani itu sendiri menjadi seorang yang ahli dalam […]


Pelatihan TOT sekolah lapangan save and grow telah selesai selama 6 hari di desa Sukawera Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu. kegiatan ini telah membukakan pemikiran kepada peserta pelatihan akan pentingnya sistem pertanian yang berkelanjutan, pertanian yang ramah lingkungan, pertanian yang arif, pertanian yang mendayagunakan potensi alam sekitar sehingga petani itu sendiri menjadi seorang yang ahli dalam pertaniannya.

Beberapa point penting yang saya petik dari kegiatan pelatihan ini adalah  :
  • Seorang petani seharusnya memiliki tanggung jawab terhadap keberlangsungan kehidupan di lahan dan lingkunagn sekitar area pertaniannya
  • Seorang petani adalah seorang yang paling ahli dibidang pertaniaanya
  • Seorang petani dapat dan mampu mengelola dan memanfaatkan kondisi yang ada di lingkungannya baik sumber daya alam, sdm, iklim dan lainnya
Sementara itu dulu yang saya bisa tuliskan pada kesempatan ini, bagi teman-teman petani yang telah mengikuti pelatihan ini mudah-mudahan dapat mempraktekkan di lingkungan desanya masing-masing.
salam dari saya buat mas Khoirudin dari Blora, mas Iman Thohari dari Sidoarjo, kang Jito dan Suherman dari Wanguk, pak Bisri, kang Toyibin dari Lemah ayu, pak M. Siddiq (pek Lebe) dari Tulungagung.serta siapa saja yang telah ikut serta mensukseskan kegiatan ini.

Dan saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada bapak Arif, pak Warsiah dan mas Andri yang telah memmbing dan mencerahkan kami .


Salam Sukses Petani Indonesia

oh ya......buat temen-temen yang telah mengikuti kegiatan Pelatihan TOT sekolah lapangan save and gro, silahkan menambahkan pada kolom komentar di bawah ini.

















Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *