Pelatihan Pemuliaan Tanaman Pangan dari Petani ke Petani
Sejak tanggal 14 hingga tanngal 19 November  2013 diadakan pelatihan pemuliaan tanaman pangan dari petani ke petani di adakan di desa tenajar kecamatan kertasemaya kabupaten indramayu.  saya pada saat ini ikut dalam peserta pelatihan tersebut. saya dapat kesempatan di undang oleh bapak Warsiah sebagai panitia dalam acara tersebut. kegiatan pelatihan ini diadakan oleh Farmer Initiatives […]
Sejak tanggal 14 hingga tanngal 19 November  2013 diadakan pelatihan pemuliaan tanaman pangan dari petani ke petani di adakan di desa tenajar kecamatan kertasemaya kabupaten indramayu.  saya pada saat ini ikut dalam peserta pelatihan tersebut. saya dapat kesempatan di undang oleh bapak Warsiah sebagai panitia dalam acara tersebut. kegiatan pelatihan ini diadakan oleh Farmer Initiatives for Ecological Livelihoods and Democracy (FIELD) selngkapnya tentang field dapat di lihat di http://organicfield.wordpress.com/tag/profil-field-indonesia/.

Pelatihan Pemuliaan Tanaman Pangan dari Petani ke Petani ini bertujuan untuk memberikan wawasan sekaligus praktek tentang pemuliaan tanaman pangan khusunya tanaman padi. dari pengamatan saya selama mengikuti kegiatan ini, petani sangat antusias.

Hari ini adalah hari yang ketiga materi yang di bahas adalah tentang pemetaan tentang bahan baku dalam pemuliaan tanaman padi, yang meliputi lokasi tanam, memilih variatas unggul, dan varietas idaman. dimana sebelumnya materi yang di bahas tentang dasar-dasar pemuliaan, mulai dari pengertian pemuliaan, keanekaragaman hayati, tentang dasar-dasar perkawinan silang hingga tentang gen.

Luar biasa memang semangat para petani di Indramayu ini, semangat belajar dan kebersamaan terasakan dan terlihat pada acara ini. meskipun dengan tempat yang sederhana namun kegiatan ini berlangsung sangat meriah.


Pelatihan Pemuliaan Tanaman Pangan dari Petani ke Petani ini disi oleh para pelatih lokal maupun dari Field sendiri, namun lebih dominan dari panitia lokal seperti pak Warsiah, Joharipin, Rohi.

sekian dulu ya....sampai jumpa lagi pada materi peltihan selanjutnya.
untuk informasi tentang pelatihan ini Anda dapat hubungi saya di Hp . 0853.2222.1877 atau email : rozuqni@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *