Cara sederhana untuk mengetahui kondisi tanah sawah
Pada kesempatan ini ... saya akan menuliskan tentang cara sederhana untuk mengetahui kondisi tanah sawah kita. untuk apa sih mengetahaui kondisi tanah sawah tersebut ?, apa tujuannya..?tentunya ini berkaitan erat dengan seorang petani, maksudnya bahwa seorang petani tentunya harus tahu dengan kondisi lahan pertaniannya dalam hal ini adalah tanah sebagai tempat tumbuhnya tanaman tersebut.Tanah adalah […]
Pada kesempatan ini ... saya akan menuliskan tentang cara sederhana untuk mengetahui kondisi tanah sawah kita. untuk apa sih mengetahaui kondisi tanah sawah tersebut ?, apa tujuannya..?
tentunya ini berkaitan erat dengan seorang petani, maksudnya bahwa seorang petani tentunya harus tahu dengan kondisi lahan pertaniannya dalam hal ini adalah tanah sebagai tempat tumbuhnya tanaman tersebut.

Tanah adalah media atau tempat dimana tanaman padi, terong, cabe dan sayur-sayuran lainnya tumbuh hingga berbuah. tentunya kita harus mengetahui kondisi tanah yang hendak kita tanami tanaman tersebut. apakah tanah yang hendak kita tanami tersebut subur atau tidak, bayak mengandung makanan untuk tanaman atau tidak ? dan seterusnya sehingga harapannya adaalh budidaya tanaman  yang kita usahakan di lahan tersebut dapat menghasilkan produksi yang banyak dan menguntungkan.

Baiklah kawan-kawan petani  Indonesia, saya akan membuat atau membagikan cara sederhana untuk mengetahui kondisi tanah sawah yang hendak kita tanami padi.

Bahan-bahan  yang di butuhkan untuk mengetes atau mengetahui kondisi tanah sawah kita adalah sebagi berikut :

  • 6 buah botol aqua besar ukuran 1500 mili liter, kemudian di potong bagian atasnya kira-kira 10 cm. 3 botol di lubangi bagian bawahnya sebanyak kurang lebih 10 lubang.
  • 6 buah botol aqua ukuran 600 mili liter, kemudian dilubangi bagian bawahnya, semuanya sebanyak 10 lubang
  • 3 buah balon
  • 2 buah nampan atau talam
  • spidol
  • lakban kertas / lakban putih dari kertas untuk menempel 
  • pasir secukupnya
  • tanah sawah yang di hancurkan secukupnya
  • kompos secukupnya
  • ember
  • gayung
  • air bersih atau air bak
Caranya mengetes tanah sawah yang dapat menyerap nutrisi / tanah sawah yang banyak mengandung makanan untuk tumbuhan:
  1. 3 buah botol yang 1500 mililiter tersebut disi dengan masing-masing botol berbeda, 1 botol disi dengan tanah sawah saja. 1 botol yang lain diisi dengan tanah sawah + pasir yang telah dicampur dan diaduk adu jadi satu, dan 1 botol yang terakhir diisi dengan tanah sawah + kompos dan di campur jadi satu.
  2. kemudian 3 botol yang telah diisi tersebut di atas di tumpangkan pada 3 botol aqua 1500 tersebut di atasnya. 
  3. lalu Anda masukkan air kira-kira 500 mili ke 3 botol aqua yang telah diisi dengan tanah sawah, tanah sawah+pasir, tanah sawah+kompos.
  4. perhatikan air yang keluar dari masing-masing botol aqua tersebut warnanya. apabila warna air yang keluar dari  botol tersebut itu bersih atau bening lagi sebagimana awal ketika airi di masukkan maka artinya tanah tersebut dapat menyerap makanan atau kandunagn tanah tersbut banyak mengandung nutrisi sehingga bagus untuk pertumbuhan tanaman.
untuk tes tanah yang lain, nanti akan saya tuliskan pada kesempata yangh lain. atau Anda dapat mencobanya sendiri di rumah.
Semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *