Benih Padi unggul yang didambakan Petani
Hari ini adalah hari keempat saya mengikuti pelatihan pemuliaan tanamn pangan di Desa Tenajar Kertasemaya Indramayu. materi yang disampaikan oleh para instruktur yang dalam hal ini bapak warsiah dan Joharipin adalah tentang Morfologi tanaman padi dan beberapa jenis sayuran seperti tomat, terong, cabai dan labuh kemudian di lanjut dengan morfologi bunga tanaman-tanaman tersebut.Tujuan dari materi […]
Hari ini adalah hari keempat saya mengikuti pelatihan pemuliaan tanamn pangan di Desa Tenajar Kertasemaya Indramayu. materi yang disampaikan oleh para instruktur yang dalam hal ini bapak warsiah dan Joharipin adalah tentang Morfologi tanaman padi dan beberapa jenis sayuran seperti tomat, terong, cabai dan labuh kemudian di lanjut dengan morfologi bunga tanaman-tanaman tersebut.

Tujuan dari materi tersebut adalah untuk mengenali bagian-bagian tanaman beserta fungsi-fungsinya dan yang lebih pokok dengan kaitannya pemuliaan tanaman adalah mengenali jenis kelamin betina dan jenis kelamin betina pada masing-masing tanaman tersebut khusnya padi.

Namun sebelum mengenali bagian-bagian penting pada tanaman padi dan sayur-sayuran khususnya pada bagian yang akan dilakukan perkawinan silang yang bertujuan untuk mendapatkan benih unggul adalah tujuan para petani tersebut agar mendapatkan benih unggul untuk regenerasi.

Dalam kesempatan ini lebih dikhususkan yaitu benih padi unggul yang didambakan petani adalah benih padi yang memiliki produksi tinggi atau banyak, meiliki umur genjah, tahan terhadap hama dan penyakit dan yang terakhir memiliki rasa dan aroma yang enak. nah untuk menentukan kriteria benih tersebut tentunya harus dilakukan penilaian terlebih dahulu terhadap jenis-jenis padi yang ada sebelumnya. karena varietas padi masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. ada yang rasanya enak tapi tidak tahan terhadap hama dan penyakit, ada juga yang produksinya tinggi namun umurnya lama atau tidak genjah. sehingga untuk mendapatkan benih padi unggul yang didambakan petani itu dilakukanlah perkawinan silang.

Kegiatan petani dalam melakukan aktivitas mendapatkan benih padi unggul yang didambakan petani tersebut dinamakan kegiatan pemuliaan tanaman, khususnya tanaman padi.

Katanya saat ini kegiatan pemuliaan tanaman untuk mendapatkan benih padi unggul yang didambakan petani ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan tidak menjadikan terlarang, dimana para petani sekarang bebas untuk mentukan benih sendiri, dimana sebelumnya para petani sering tergantung akan benih ini pada perusahaan-perusahaan dan pemerintah. dan sbelumnya pun katanya undang-undang negara kitapun tidak memihak ke para petani dimana dalam pasal undang-undang tersebut petani tidak boleh melakukan pembenihan dan mengedarkan benih tersebut kalaupun boleh harus ada sertifikat dan harus ada ijin dari pemerintah.

Baiklah.......untuk berikutnya akan saya lanjutkan beok saja ya......InsyaAlloh.

Salam pertanian, salam sukses petani indonesia, Jadikan bumi pertiwi ini hijau, berkah dan bermanfaat , tempatkan petani indonesia pada tempat yang layak dan bermartabat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *